Sosial

Puan Maharani : Saya Bangga Nakes, TNI-Polri dan  Relawan yang Bangun Kekuatan Nasional Lawan Covid-19

Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani menyebut penanganan pandemi Covid-19 merupakan hasil kerja sama seluruh elemen bangsa. Ia pun menyampaikan apresiasi DPR kepada semua pihak yang membantu penanganan pandemi.

“Pada kesempatan ini, DPR RI juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh anak bangsa yang telah bergotong royong, kerja bersama, baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Tenaga Kesehatan (Nakes), TNI, Polri, BUMN, swasta, relawan, maupun rakyat pada umumnya, yang telah membangun kekuatan nasional untuk melawan pandemi Covid-19,” ucap Puan.

Hal tersebut disampaikan Puan dalam Rapat Paripurna saat membuka Masa Persidangan I DPR Tahun Tahun Sidang 2021-2022 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 16 Agustue 2021. 

Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang DPR yang digelar setelah Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD itu turut dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Ma’ruf Amin.

Lebih lanjut, mantan Menko PMK tersebut menekankan mengenai pentingnya memberikan perhatian pada tumbuh dan berkembangnya anak di masa pandemi Covid-19. Pembatasan kegiatan dan sosial selama situasi pandemi Covid-19 ini, dinilai Puan, telah berdampak langsung terhadap kehidupan sosial anak-anak Indonesia.

“Oleh karena itu, pada Hari Anak Nasional 2021 ini, dapat menjadi momentum bagi kita semua, khususnya Pemerintah agar, melalui kebijakan dan program kementerian/lembaga, dapat mengantisipasi kebutuhan perkembagan anak, mulai dari PAUD sampai dengan sekolah dasar dan menengah di tengah situasi pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Puan mengatakan, selama kurun waktu 17 bulan berada dalam pandemi Covid-19, serta hari-hari ke depan yang juga belum menunjukkan pandemi akan berakhir, telah membawa kesadaran kepada kita semua bahwa apabila aktivitas masyarakat terus berhenti maka akan berdampak pada penurunan derajat kesejahteraan rakyat.

Oleh karenanya, kata Perempuan pertama yang menjabat Ketua DPR ini, “diperlukan kekuatan nasional untuk bekerja bersama, bergotong royong, dalam mengatasi pandemi Covid-19.” 

Menurut Puan, dengan menjalankan protokol kesehatan secara disiplin, aktivitas masyarakat di segala bidang dapat berjalan dan pemulihan secara bertahap dapat cepat terwujud.
 
“DPR RI, melalui fungsi konstitusionalnya, memiliki komitmen yang tinggi untuk bekerja bersama dengan Pemerintah, Lembaga Negara lainnya, seluruh komponen bangsa dalam menjalankan upaya terbaik untuk menyelamatkan bangsa dan negara menghadapi pandemi Covid-19 dan dampaknya,” tuturnya.

Puan pun menilai, kerja sama yang baik antar elemen bangsa dapat membawa perbaikan kondisi pandemi di Indonesia. Meski menyadari masih ada berbagai kekurangan, ia meyakini semangat kebersamaan akan mempercepat Indonesia terbebas dari Covid-19.
 
Dalam rangkaian Sidang Tahunan Parlemen ini, Puan kembali memberi apresiasi kepada Kontingen Indonesia yang telah berhasil meraih berbagai medali, termasuk medali emas, pada Olimpiade Tokyo 2020. Ia menilai prestasi membanggakan Kontingen Indonesia itu bisa menjadi salah satu penyemangat bagi rakyat Indonesia, di tengah sulitnya kondisi pandemi.

“Esok hari, tanggal 17 Agustus 2021, Rakyat Indonesia akan memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76. Prestasi para atlet Indonesia pada Olimpiade kali ini sungguh menjadi hadiah ulang tahun yang indah untuk perayaan kemerdekaan,” sebut Puan.

“Sesuai dengan tema peringatan hari kemerdekaan tahun ini, yaitu ‘Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh’, maka para atlet kita telah menunjukkan bagaimana nilai-nilai ketangguhan dan semangat pantang menyerah dapat membuahkan prestasi yang manis,” tambah Cucu Proklamator sekaligus Presiden Pertama RI Sukarno itu.

Kepada seluruh anggota DPR RI, Puan berpesan supaya tetap maksimal bekerja untuk rakyat walaupun saat ini masih berada dalam kondisi pandemi. Seluruh anggota DPR diharapkan tetap semangat dalam bekerja, serta menjaga kesehatan dengan menerapkan disiplin prokes dalam setiap kegiatan.

“Kepada yang terhormat Bapak Ibu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. Atas nama pimpinan, kami mengucapkan selamat datang kembali ke ruang sidang DPR RI untuk menjalankan tugas konstitusional. Selamat bekerja menjalankan tugas kedaulatan rakyat,” tegas Puan.

Puan berharap agar pandemi Covid-19 segera berakhir. Dengan begitu, masyarakat bisa kembali hidup sehat, serta kembali beraktivitas dalam membangun kehidupannya yang sejahtera, tentram, dan bahagia. 

“Kita juga ikut berdoa agar seluruh anggota masyarakat yang terpapar Covid-19 segera pulih dan kembali hidup sehat bersama keluarga,” pungkas Puan.

 

(Yustinus Tenung)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments