Barut

Puluhan Desa Di DAS Barito Kembali Direndam Banjir

MUARA TEWEH - Hujan cukup deras disertai petir kembali melanda Kabupaten Barito Utara selama berapa hari ini. Dampaknya puluhan Desa di pinggiran Sungai Barito Barito kembali dilanda banjir.

Seperti di Kecamatan Lahei Barat, Lahei, Teweh Baru, Teweh Selatan dan wilayah Teweh Tengah yang notabene perkotaan.

Pantauan di lapangan Rabu (3/11/2021) air begitu cepat naik dan merendam di wilayah perumahan padat penduduk seperti jalan Merak, Dahlia, Cempaka putih dan Panglima Batur.

Selain kota Muara Teweh juga di Kelurahan Jingah dan Jambu,Kecamatan Teweh Baru, dimana ratusan rumah warga direndam banjir dan ketinggian air mencapai 30 hingga 40 centimeter.

Arianto (55) warga Kelurahan Jambu, Rabu (3/11/2021) mengatakan, air datang sejak selasa pagi dan sekarang nampaknya makin meninggi.

Menurut Arianto kendati rumahnya masih menyisakan beberapa centimeter,namun semua perabot sudah siap dievakuasi ke tempat yang aman yakni ke loteng.

"Tahun ini sudah tiga kali banjir, dan yang parah terjadi beberapa bulan lalu. Tapi bila hujan secara terus menerus maka itu banjir seperti bulan yang lalu,"kata Arianto yang hanya bisa duduk dan terserang penyakit sejak empat tahun lalu ini.

Ijum seorang pedagang sembako di jalan Dahlia kota Muara Teweh, mengatakan, air begitu cepat naik, bahkan dari kemarin hingga petang sudah mencapai satu meter.

Oleh karena itu kata Ijum,sebagian dagangan sementara ditaruh di tempat yang lebih tinggi,karena dikhawatirkan air naik kembali, apalagi hujan masih terjadi.

"sudah tiga kali banjir dan untuk antisipasi kita taruh diatas dulu.bila air naik secara terus menerus, terpaksa kita angkut menggunakan truck ke tempat yang lebih aman dari air,"kata Ijum.

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kabupaten Barito Utara, Hasnan, mengatakan, ada lima kecamatan yang saat ini direndam banjir.

Dari lima Kecamatan tersebut yang terdampaknya ada tujuh belas Desa dan beberapa kelurahan dimana ketinggian mencapai 50 centimeter hingga 1,2 meter.

"Kita terus menghimbau agar warga selalu waspada, karena berdasarkan pesan yang kami terima dari BMKG hujan akan terjadi dalam beberapa hari ini,"kata Hasnan.
(Syarbaini)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments