Kapuas

Puluhan Desa Di Kabupaten Kapuas Dapat Tambahan Dana Desa 

KAPUAS - Kabupaten Kapuas. Kalimantan Tengah Pada Tahun 2023 ini mendapatkan tambahan anggaran dana desa dari pemerintah pusat sebesar lima miliar rupiah lebih yang diperuntukan bagi empat puluh tiga desa di daerah setempat.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kapuas Yan Hendri Ale Pada Rabu 18 Oktober 2023 mengatakan Kabupaten Kapuas merupakan kabupaten penerima terbanyak tambahan dana desa tahun ini Se-Provinsi Kalimantan Tengah.

Tambahan anggaran dana Desa dari pemerintah pusat sebesar lima miliar rupiah tersebut diperuntukan bagi empat puluh tiga desa terpilih di Kabupaten Kapuas berdasarkan indikator kinerja, adapun besarannya untuk masing-masing desa adalah seratus enam belas juta rupiah lebih.

Selain Dana Desa penambahan anggaran juga terjadi pada alokasi dana desa atau ADD yang bersumber dari APBD Kabupaten Kapuas sebesar sebelas koma tiga miliar yang diperuntukan bagi dua ratus empat belas desa di Kapuas.dimana masing-masing desa dialokasikan sebesar lima puluh dua juta lebih.

Sementara itu Kepala Dinas pemberdayaan masyarakat desa kabupaten Kapuas. Budi Kurniawan mengatakan penambahan dana desa penggunaannya diprioritaskan untuk mendanai kegiatan penangganan bencana alam dan non alam, khususnya kebakaran hutan dan lahan.

Selain itu untuk mendanai penanganan kekeringan masa Elnino kelangkaan air bersih, penanganan stunting, inflasi daerah, penanganan wabah penyakit, penguatan kapasitas desa dan juga untuk kegiatan lainnya sesuai prioritas dan kebutuhan di masyarakat

 

(Irfansyah)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments