Barut

Raih Juara Umum, Barut Mendapat Dana Hibah Rp 25 Milliar Untuk Pembangunan

MUARA TEWEH - Kabupaten Barito Utara dinobatkan sebagai Juara Umum FBIM tahun 2024, sebagai peraih medali emas terbanyak pada 9 cabang lomba, dan berhak mendapat Piala Bergilir dan uang pembinaan sebesar Rp 100 juta. Selain itu Barito Utara juga mendapat dana hibah pembangunan dengan nilai  Rp 25 Miliar dari Pemprov Kalteng.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng Adiah Chandra Sari selaku Ketua Panitia FBIM 2024, pada saat penutupan FBIM tingkat provinsi Kalimantan Tengah tahun 2024 di halaman GOR Indoor Serbaguna Palangkaraya, Sabtu (24/5/2024).

Piala bergilir juara umum FBIM Tk. Provinsi Kalteng tahun 2024 diterima oleh Pj. Bupati Barito Utara Drs. Muhlis di dampingi Ketua TP PKK Ny.Marsiana Muhlis, yang diserahkan langsung oleh gubernur H. Sugianto Sabran didampingi oleh wakil gubernur Kalimantan Tengah H. Edy Pratowo.

Muhlis sangat mengapresiasi kepada atlit, seniman, official dan pendamping serta seluruh kontingen yang telah berjuang dalam semua cabang lomba FBIM 2024 ini sehingga mengharumkan nama Barito Utara dengan meraih gelar juara umum. 

Dikatakannya,semoga apa yang telah diraih menjadi penyemangat untuk berkontribusi lebih besar lagi dalam bidang budaya dan kepariwisataan agar Barito Utara semakin berkembang dan semakin dikenal baik dikancah nasional maupun mancanegara, yang nantinya juga akan berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat.

Pemkab Barut sebelumnya mengirimkan kontingen FBIM 2024 dengan jumlah 233 orang yang merupakan putra putri terbaik Barito Utara dan terbagi dalam 26 cabang lomba baik putra maupun putri yang bertolak dari Muara Teweh dan di lepas oleh Pj Bupati Barito Utara pada tanggal 12 Mei 2024 yang lalu.

Adapun hasil perolehan kejuaraan kontingen Kabupaten Barito Utara pada festival budaya Isen Mulang yaitu juara 1 Lomba Dayung Putra Dan Putri, juara 1 Lomba Besei Kambe Putri, juara 1 Lomba Lagu Daerah Putra dan putri, juara 1 Sepak Sawut, juara 1 Balogo Putri, juara 1 Manyipet Putri, juara 1 Mangaruhi Putra, juara 2 Perahu Hias, juara 2 Jagau Pariwisata Kalteng, juara 2 Bawi Nyai Pariwisata Kalteng, juara 2 Tari Pedalaman, juara 2 Besei Kambe Putra, juara 2 Habayang /Bagasing Putri, juara 3 Mangenta, juara 3 Manetek Maneweng Manyila Kayu, juara 3 Manyipet Putra, juara 4 Sukup Simpan, juara 4 Malamang, juara 5 Tari Pesisir, juara 5 Mangaruhi Putri, serta Penata Rias Busana Terbaik Tari pedalaman.

(Syarbani)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments