P. Raya

Rapat Koordinasi Daerah dan Persiapan Sensus Pertanian 2023

Palangka Raya - Selasa (13/12/2022), di palangka raya dibuka Gelaran Rapat Koordinasi Daerah dan Persiapan Sensus Pertanian 2023 Kalteng, Provinsi Kalimantan Tengah mendukung penuh pelaksanaan Sensus Pertanian 2023 (ST2023) untuk mewujudkan data pertanian berkualitas dan tata kelola data pertanian yang terpadu satu sama lain.

Lilis Suriani selaku Kepala Biro Organisasi Setda memperhatikan beberapa isu kunci pertanian dan pangan yang meliputi ketersediaan, akses, dan keterjangkauan ketahanan pangan," ujarnya.

Termasuk juga dengan perlunya fokus meningkatkan  kualitas dan keamanan pangan, serta pertanian skala kecil dan tidak berkelanjutan, yang masih mendominasi isu pertanian saat ini.

Tegas ia mengatakan, "Dsisini peranan kita sangat menentukan dalaman mencapai keberhasilan pelaksanaan ST2023, agar nantinya mampu mewujudkan data pertanian yang berkualitas sesuai dengan yang kita harapkan.

Selanjutnya ia menjelaskan secara gamblang megenai pelaksanaan Sensus Pertanian 2023 merupakan sensus pertanian yang  ketujuh sejak pertama kali dilaksanakan pada Tahun 1963 yang telah lalu.Hasil dari sensus ini tentunya akan dapat menyediakan data yang lebih akurat dan tentunya  yang bermanfaat dijadikan tolak ukur dan referensi pada saat mengambil keputusan berbasis bukti yang nyata dalam rangka mengatasi berbagai tantangan pertanian nasional maupun global kedepannya..

Ia mengungkapkan, "Dengan tersebarnya informasi mengenai Sensus Pertanian 2023, harus lebih gencar dilakukan, sehingga masyarakat benar-benar mengetahui tujuan, cakupan, jadwal, tahapan, serta sisi manfaatnya yang bisa diambil," ujarnya.

Target utama  dalam ST2023 menurut Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kalteng Eko Marsoro ST2023 meliputi para petani dan pelaku usaha yang bergerak di bidang pertanian. Tujuannya agar jumlah pelaku usaha di bidang pertanian yang ada di Kalimantan Tengah dapat terdata secara akurat.

Katanya, "Segala kegiatan pertanian di Kalteng harus mendapat dan dukungan penuh agar semakin produktif dan menghasilkan produk yang berkualitas. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan dalam daerah, kedepannya  kita menargetkan bisa mandiri sebagai tonggak calon ibu kota,” pungkasnya.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments