P. Raya

Rapat Teknis Perkembangan Gernas BBI/BBWI

PALANGKA RAYA - Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Kalteng Sri Widanarni mewakili Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng hadiri Rapat Koordinasi Teknis Perkembangan Gernas BBI/BBWI di Kalteng dan Sulawesi Tengah secara virtual dari ruang kerjanya, Rabu (31/7/2024).

Rapat ini digelar oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi untuk mengevaluasi Perkembangan Gernas BBI/BBWI di Kalteng dan Sulawesi Tengah, dan persiapan pelaksanaan Harvesting BBI/BBWI dan PDN Tahun 2024.

Sri Widanarni dalam paparannya terkait Perkembangan Gernas BBI/BBWI di Kalteng menyampaikan bahwa pelaksanaan Harvesting BBI/BBWI di Kalteng Tahun 2024 dilaksanakan dalam rangkaian HUT RI ke-79.  

Pelaksanaan selebrasi yakni pada tanggal 14 Agustus 2024 dan pameran dilaksanakan dari tanggal 14 sampai dengan 17 Agustus 2024. Kegiatan Harvesting ini difasilitasi oleh Kementerian Kesehatan dan Perwakilan Bank Indonesia Kalteng bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kalteng. “Kami juga telah melaksanakan rapat koordinasi pada tanggal 30 Juli 2024 dan telah dilakukan pembagian tugas yang jelas, "ucapnya.

Pada kegiatan Kalteng Expo bulan Mei yang lalu telah dicapai transaksi sebesar kurang lebih 7,5 M, sedangkan apabila diakumulasikan dengan kegiatan-kegiatan lainnya seperti Festival Budaya Isen Mulang (FBIM), Sepeda Gunung Internasional (UCI MTB) dan kegiatan lainnya  total transaksi telah mencapai lebih dari 20 M.

Target capaian UMKM sudah cukup signifikan dari target yang ditetapkan untuk Kalteng sebesar 50 M. Kurasi dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UMKM, Disdagperin, dan Disbudpar. 

“Selain itu, telah dilakukan fashion show Wastra Kalteng oleh Ketua Dekranasda Provinsi Kalteng dengan menggandeng desainer Danny Satriadi di Jakarta minggu lalu,"tuturnya.

Terkait dengan pelaksanaan Harvesting BBI/BBWI ceremony akan diselenggarakan di GPU Tambun Bungai Palangka Raya, dan selebrasi hiburan diselenggarakan di Stadion Sanaman Mantikei. Pada kegiatan Harvesting ini juga akan dilakukan Pagelaran Seni Budaya Kalteng serta promosi potensi pariwisata Kalteng.

Sementara itu, Perwakilan dari Kementerian Kesehatan Deby Sandra dalam paparannya menyampaikan Kemenkes telah berpartisipasi pada opening dan pelatihan onboarding UMKM di Kalteng. 

Telah dilakukan Pelatihan Online pada tanggal 3-15 Juli 2024 dengan jumlah peserta 800 UMK dan jumlah kehadiran 360 UMKM, yang dilanjutkan dengan Pelatihan Hybrid onboarding pada tanggal 23-24 Juli 2024. Sedangkan Pelatihan Tema Kesehatan telah dilaksanakan pada tanggal 9 Juli 2024 P2P dan tanggal 17-18 Juli 2024 Prodisfar. Kami juga akan memilih 5 (lima) UMKM sebagai champion di akhir kegiatan.

Selain itu, akan ada showcasing di Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya,"tuturnya.

Selanjutnya pejabat dari Perwakilan Bank Indonesia Kalteng Ardian Pangestu menyampaikan bahwa Perwakilan Bank Indonesia Kalteng telah men-support pengembangan UMKM di Kalteng, salah satunya melalui kolaborasi pada kegiatan Harvesting BBI/BBWI tanggal 14-17 Agustus 2024 yaitu berupa Pameran UMKM.

Rapat dihadiri oleh  secara daring, Pejabat di lingkup Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Perwakilan Kementerian Kesehatan, Perwakilan Bank Indonesia Kalteng, Perwakilan Pemerintah Provinsi Kalteng dan Sulawesi Tengah, serta undangan lainnya.


 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments