Nasional

Rekor Sejarah Mudik Lebaran 2022 Capai 105 Ribu Kendaraan Roda Empat Via Tol Trans Jawa

“Angka ini memecahkan rekor sebelumnya, pada periode arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1441 H pada tahun 2019 lalu. Ratusan ribu kendaraan tersebut meninggalkan Jabodetabek menuju ke arah timur melewati jalan Tol Trans Jawa yang dimulai dari Gerbang Tol Cikampek,” jelas Corporate Communication Development Group Head PT Jasa Marga (Persero), Dwimawan Heru, dikutip dari Pikiran-Rakyat.com, Minggu, 1 Mei 2022.

PT Jasa Marga mencatat selama arus mudik lebaran 2022 atau Idul Fitri 1443 H tercatat sudah ada 105.516 kendaraan roda empat atau lebih meninggalkan Jabodetabek untuk mudik ke kampung halamannya masing-masing.

Banyaknya kendaraan ini bahkan diklaim menjadi yang terbanyak sepanjang sejarah mudik di Indonesia, bahkan mengalahkan rekor mudik sebelum adanya pandemi Covid-19 di tahun 2019.

Heru pun menyatakan PT Jasa Marga harus melakukan berbagai kebijakan untuk mengakomodir para pemudik tersebut. Termasuk salah satunya mengoperasikan 30 lajur jalan tol transaksi agar pembayaran jalan tol menjadi lebih mudah.

Sedangkan secara kumulatif, pada H-10 s.d H-1 Lebaran atau 22 April s.d 1 Mei 2022 PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 1.757.837 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek. Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

Suksesnya mudik tahun 2022 tak lepas dari kerjasama antara PT Jasa Marga yang dibantu pula oleh kolaborasi dari Kepolsian, Kementrian Perhubungan (Kemenhub), Kementrian PUPR dan semua pihak yang terlibat


(InfoKabinet/Tinus)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments