Nasional

Ribuan Warga dan Seniman Jawa Sambut Meriah Ganjar di Sumatera Utara 

SUMUT - Terik matahari tak menyurutkan semangat ribuan warga yang berkumpul di lapangan Desa Tumpatan Nibung Kecamatan Batang Kuis, Deli Serdang Sumatera Utara, Jumat (10/11/2023). Mereka tetap antusias menantikan kehadiran tokoh nasional sekaligus bakal calon presiden 2024, Ganjar Pranowo.

Di tengah lapangan, ratusan penari kuda kepang, barongan dan reog Ponorogo menari-nari dengan lincahnya. Mereka yang tergabung dari 50 sanggar seni Jawa di Sumatera Utara sengaja hadir untuk menyambut kedatangan mantan Gubernur Jawa Tengah itu. 

"Meriah sekali, belum pernah di sini ada pertunjukan semeriah ini. Apalagi ini ada 50 sanggar yang tampil demi menyambut pak Ganjar," kara Dewi (45) salah satu warga.

Suasana semakin meriah ketika Ganjar tiba di lokasi sekitar pukul 15.00 WIB. Ribuan orang yang ada di lapangan langsung menyerbu Ganjar untuk bersalaman dan meminta foto bersama. 

"Pak Ganjar datang. Wah ganteng sekali, selama ini cuma lihat di televisi. Ternyata asli ya lebih ganteng. Tinggi sekali lho, rambutnya bener-bener putih. Pak foto dulu pak, aku fans beratmu," teriak mereka.

Ganjar dengan ramah melayani warga berfoto bersama sambil berjalan menuju tengah lapangan. Di sana, ratusan penari kuda kepang dan barongan sudah siap tampil dengan penampilan terbaiknya.

Ganjar duduk di kursi bersama para seniman sepuh Sumut sambil menyaksikan tari kolosal kuda kepang dan barongan yang ditampilkan para penari mayoritas anak-anak itu. Ganjar juga sempat diajak oleh penari untuk menari kuda kepang bersama mereka.

"Ayo pak menari bersama kami," ucap salah satu penari kecil sambil memberikan kuda kepang pada Ganjar.

Ganjar pun menerima kuda kepang pemberian penari kecil itu dan ikut menari dengan lincahnya. Gerakannya pas dengan gamelan yang dimainkan. Tepuk tangan riuh dari para penonton menyaksikan Ganjar menari dengan lincahnya.

"Wah pak Ganjar pinter nari kuda kepang ternyata. Luar biasa memang calon presidenku ini," ucap April (17) salah satu penari.

April mengaku bangga bisa tampil di hadapan tokoh nasional sekaligus bakal calon presiden 2024 itu. Menurutnya, baru kali ini ia tampil di hadapan orang hebat dan mendapat apresiasi.

"Grogi sekali tadi, tapi seneng banget bisa tampil di hadapan pak Ganjar. Seumur-umur belum pernah tampil di hadapan tokoh sekelas pak Ganjar, bangga sekaligus ini momen yang nggak bisa saya lupakan," ucap April.

Sementara itu, Ganjar mengapresiasi pagelaran budaya yang ditampilkan. Apalagi, para penari didominasi oleh generasi muda.

"Tentu saya senang sekali dan mengapresiasi para seniman Jawa yang ada di Sumatera Utara. Mereka tetap melestarikan agar seni budaya yang adiluhung ini tetap terpelihara dengan baik. Dan yang saya suka, penarinya masih muda semua. Artinya kita tidak perlu khawatir seni budaya kita punah, karena di manapun kita berada, selalu merawat seni budaya," ucapnya.

Ganjar juga berpesan pada semua masyarakat khususnya masyarakat Jawa di Sumatera Utara untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan. Tidak boleh ada perpecahan meski berbeda suku, agama, ras maupun golongan.

"Kita harus menghargai semua, jangan membeda-bedakan. Mari kita menjaga persatuan dan kesatuan. Kalau rakyat sudah bersatu, tidak ada yang bisa mengalahkan," pungkasnya.


(Tinus)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments