P. Raya

Ruselita meminta pemerintah Cek Lahan Rawan Terbakar untuk Cegah Karhutla di Palangka Raya

PALANGKA RAYA - Ruselita meminta pemerintah kota untuk melakukan kroscek ke lapangan guna mengawasi lahan-lahan yang dinilai rawan terjadi kebakaran. Langkah ini diambil sebagai upaya mencegah semakin parahnya kejadian karhutla di daerah tersebut, terutama setelah beberapa kejadian kebakaran hutan dan lahan dalam dua pekan terakhir meskipun masih dalam skala kecil.

Ruselita menjelaskan pentingnya langkah tersebut agar pemerintah dapat menyiapkan strategi pencegahan yang efektif untuk mengatasi masalah kebakaran hutan dan lahan yang semakin marak.

"Pembasahan lahan berdasarkan kroscek ke lapangan harus dilakukan sebelum lahan menjadi semakin kering dan mudah terbakar, sehingga tindakan pencegahan dapat dilakukan tepat waktu," katanya, Senin, 5 Agustus 2024.

Ia menekankan pentingnya untuk tidak menunggu terjadinya kebakaran sebelum mengambil tindakan, karena hal tersebut akan terlambat dan dapat berdampak buruk seperti kabut asap.

Ruselita juga mengapresiasi upaya Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, yang telah melakukan perjanjian kerja sama dengan Kabupaten Katingan dalam upaya mencegah kebakaran hutan dan lahan di daerah perbatasan.

Meskipun demikian, Ruselita juga meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya untuk melibatkan para relawan pemadam kebakaran dalam penanganan karhutla.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments