Katingan

Sakariyas : Awas Ancaman Karhutla Di Depan Kita !!!

KATINGAN – Hujan tidak turun beberapa pekan, Bupati Sakariyas ingatkan ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah) bisa terjadi. Dijelaskan Sakariyas, kurang lebih 2 Minggu, hujan tidak turun, sehingga masyarakat diminta untuk waspada, terutama saat membuka atau membersihkan lahan, agar tidak melakukan pembakaran pasalnya hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya Karhutlah.

“Kalau kita hitung, hampir 2 Minggu tidak ada hujan dan kita lihat, sungai mengalami penurunan yang drastis, hal dikarenakan tidak ada hujan atau memasuki musim panas, kalau tidak waspada, bisa terjadi Karhutlah,” Ungkap Bupati Katingan Sakariyas. Sabtu (14/01/2023).

Lanjut Sakariyas, jika terjadi kebakaran hutan dan lahan, akan menimbulkan dampak baik bagi masyarakat maupun flora dan fauna yang ada.

“Kita tahu bersama, kalau terjadi Karhutlah, pasti menimbulkan asap, banyak tanaman-tanaman yang rusak termasuk hewan-hewan yang ada, makanya, kita harus waspada dan jangan membakar lahan atau hutan,” Tegasnya.

Bagi Sakariyas, jika tahun-tahun sebelumnya, terdapat wabah Covid, Banjir, maka tahun 2023, harapannya tidak ada lagi bencana yang menghambat pembangunan di Kabupaten Katingan.

“Tentu ini bukan hanya harapan saya selaku Bupati, tetapi harapan kita semua, agar 2023, tidak ada bencana-bencana, sehingga anggaran yang ada dapat dimaksimalkan untuk pembangunan,” Tandasnya. 


(Novryanto)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments