P. Raya

Sekda Prov. Kalteng Peringati Hari Kesaktian Pancasila

PALANGKA RAYA - Sekretaris Daerah (Sekda) Prov. Kalteng H. Nuryakin mengikuti upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara virtual bertempat di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Sabtu 1 Oktober 2022.

Hari Kesaktian Pancasila ini digagas oleh Presiden kedua yaitu Soeharto pada tahun 1967 dan diperingati setiap  tanggal 1 Oktober untuk mengenang tujuh jenderal Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) yang tewas di Pondok Gede, Jakarta Timur atau dikenal dengan Lubang Buaya pada 30 September 1965.

Tujuh jenderal TNI AD tersebut merupakan korban penculikan dan pembantaian kelompok Partai Komunis Indonesia (PKI) atau Gerakan 30 September 1965 (G30S PKI).

Berdasarkan Keppres 153/1967, tewasnya tujuh jenderal TNI AD pada peristiwa G30S PKI merupakan pahlawan anggota TNI AD terhadap gerakan-gerakan yang berusaha menghancurkan Pancasila. Oleh sebab itu, masyarakat Indonesia perlu memperingati Hari Kesaktian Pancasila agar mengingat daya juang para Pahlawan Revolusi tersebut.

Turut hadir unsur Forkopimda Prov. Kalteng, Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng serta undangan lainnya.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments