P. Raya

Sektor Pariwisata Harus Terus Dimaksimalkan

Palangka Raya - Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing mengatakan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata di provinsi ini perlu terus dimaksimalkan oleh pemerintah daerah.

Ia mengatakan, optimalisasi potensi PAD dari sektor pariwisata tidak hanya bisa dilakukan terhadap objek wisata saja, tapi juga sektor pendukungnya seperti hotel dan restoran dari segi pajak atau retribusi.

"Potensi PAD dari sektor pariwisata kita masih belum optimal digali terutama sektor pendukungnya yakni hotel dan restoran karena dari situ ada pajak yang bisa didapatkan, di Kalteng sendiri masih minim," ungkapnya, Jumat, 13 Januari 2023.

Dijelaskannya, minimnya pendapatan dari pajak hotel dan restoran dikarenakan sejumlah objek wisata yang ada di Kalteng ini tidak memiliki fasilitas tersebut, berbeda dengan Bali setiap objek wisata memiliki hotel dan restoran yang berdekatan.

"Di Kalteng fasilitas hotel dan restoran masih terbatas jadi peningkatan PAD dari sektor itu kurang maksimal," tuturnya.

Agar potensi PAD dapat digali secara maksimal dari pajak hotel dan restoran teknis pemungutannya perlu diperbaiki agar bisa langsung masuk kas daerah, sehingga hal ini harus dapat diperhatikan oleh pemerintah daerah di Kalteng ini.

Dengan PAD yang meningkat pembangunan pun bisa terus berjalan agar tercapai tujuan membuat Kalteng semakin maju dan berkembang.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments