P. Raya

Sigit K. Yunianto Dorong Pemuda Implemetasikan Spirit Bela Negara

PALANGKA RAYA – Setiap tanggal 19 Desember diperingati sebagai Hari Bela Negara (HBN). Adapun untuk tahun 2022 ini merupakan peringatan HBN yang ke-74 tahun dengan mengusung tema ‘Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku’.

“Sebagai negara dengan sejarah kemerdekaan yang panjang, membuat rakyat Indonesia selalu menghargai setiap perjuangan yang telah diberikan oleh para pahlawan,” ungkap Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto, Jumat 23 Desember 2022.

Menurut Sigit hal itu dapat dilihat dari banyaknya hari peringatan yang ditetapkan pemerintah. Salah satunya peristiwa 19 Desember yang ditetapkan sebagai Hari Bela Negara. Berdasarkan sejarah, pada 19 Desember 1948, bangsa Indonesia menghadapi situasi genting yang memaksa perpindahan Ibu Kota negara dari Yogyakarta ke Bukit tinggi dengan membentuk Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI).

Menurutnya, di zaman sekarang bela negara itu bisa dilakukan melalui beragam upaya dan profesi yang mencerminkan kecintaan kita dan kebanggaan kita atas bangsa ini. Sigit yang juga merupakan Ketua umum Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia ini lebih jauh menjelaskan, bela negara merupakan semboyan yang harus diaktualisasikan oleh segenap anak bangsa.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments