Nasional

Silaturahmi Sekaligus Bernostalgia, Warga Di Sekadau Gelar Turnamen Guli

SEKADAU - Sejumlah warga di Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat, menggelar turnamen guli atau kelereng ‘gertak kangkong’ di jalan pelajar. Permainan tradisional ini digelar sebagai ajang untuk mempererat tali silaturahmi di momen idul fitri sembari bernostalgia.

Sebagian besar peserta turnamen guli ini adalah orang dewasa. Namun, ada juga beberapa anak-anak yang mengikuti turnamen guli tersebut. Sebanyak 50 peserta ikut dalam turnamen itu. Vicky yadiza, panitia pelaksana, mengatakan pertandingan guli ini dipilih lantaran permainan ini sering dilakukan pada masa kecil. Bahkan, turnamen guli ini merupakan kali kedua dilaksanakan saat libur lebaran.

Pada hakikatnya, kata Vicky, lewat permainan guli tersebut mereka ingin bernostalgia dan mengenang masa dahulu. Vicky mengatakan, apalagi saat ini mereka pun sulit berkumpul, namun dengan permainan guli tersebut mereka bisa bertemu kembali. Untuk peserta, kata Vicky, mereka tidak hanya berasal dari gertak kangkong saja, tapi juga wilayah sekitarnya. Mereka juga sepakat agar turnamen guli tersebut akan diadakan setiap tahun.

Ini merupakan tahun kedua dilaksanakan turnamen guli. Vicky mengatakan, ke depan pihaknya akan mengadakan turnamen guli secara terbuka dan lebih meriah lagi. Diketahui turnamen ini diadakan secara gratis atau tidak dipungut biaya. Turnamen ini terselenggara dari bantuan para donatur. Pemenang turnamen guli ini akan mendapatkan tropi dan uang pembinaan.

(Yahya Iskandar)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments