P. Raya

Sosialisasi Penyusunan Analis Jabatan dan Analis Beban Kerja

PALANGKA RAYA - Kegiatan Sosialisasi Penyususnan Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja, di lingkup Badan Kesatuan Bangsa dan Politik se-Klimantan Tengah Tahun 2024 dilaksakanan di Aula Kesbangpol Provinsi Kalteng, Senin (6/5/2024).

Sambutan Sekda Provinsi Kalteng H. Nuryakin yang diwakilkan oleh Plh. Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Setda Provinsi Kalteng Herson B. Aden mengatakan, profesionalitas aparatur Pemerintah merupakan salah satu prasyarat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance).

“Namun demikian perlu kita pahami bersama bahwa aparatur yang profesional tidak akan dapat berperan secara maksimal apabila tidak berada pada posisi yang tepat dan sesuai dengan kapasitas dan kompetisi yang di miliki.

Maka dari itu perlu adanya kebijakan penataan dan penempatan aparatur yang sejalan dengan prinsip the right man in the right place (menempatkan orang yang tepat pada dan jabatan yang sesuai), " Ucap Herson.

Lebih lanjut Herson menyampaikan, Untuk dapat mewujudkan kebijakan tersebut, yaitu penempatan aparatur yang tepat sasaran, maka sebagai langkah awal diperlukan adanya proses analis jabatan-jabatan yang terdapat pada setiap perangkat daerah. Selanjutnya akan didapatkan data jabatan yang akan diolah menjadi informasi jabatan. Informasi jabatan ini yang kemudian akan menjadi dasar bagi program managemen kepegawaian, kelembagaan, ketatalaksanaan dan pengawasan.

Hal ini penting dikarenakan kepegawaian sangat mempengaruhi keberlangsungan karier masing-masing pegawai dan berpengaruh kinerja perangkat daerah. Berdasarkan beberapa hal yang telah disampaikan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa proses analisis jabatan memiliki peran yang sangat penting dalam sistem penyelenggaraan pemerintah daerah,"Jelasnya.

Karena proses penyusunan analisis jabatan yang tepat akan menghasilkan informasi jabatan yang akurat sebagai dasar usulan pengisian jabatandwngan sumber daya manusia yang tepat baik secara kwalitas maupun kuantitas.

“Oleh karena itu, karena ini sangat penting sebagai wadah untuk berdiskusi sekaligus upaya menjembatani pengelolaan kepegawaian pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik lingkup Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah untuk mendapatkan pencerahan dalam penyusunan ANJAB dan ABK pada perangkat daerah Badan Kesatuan Bangsa dan Politik,"Tuturnya.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Kesbangpol Katma F. Dirun, Plh. Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Setda Provinsi Kalteng Herson B.Aden, Kesbangpol Kabupaten/Kota Se-Kalteng,dan Hadir Narasumber juga.

 

(Era Suhertini)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments