P. Raya

Sri Suwanto Buka Fantastic Islamic Concert Tahun 2022 

Palangka Raya - Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Prov. Kalteng Sri Suwanto menghadiri acara Fantastic Islamic Concert (FIC) Tahun 2022 yang diselenggarakan Mahad Al-Jamiah IAIN Palangka Raya. Acara berlangsung terpusat di Taman Budaya Palangka Raya, Minggu 26 Juni 2022 malam.

pada zaman modern yang penuh dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat, menjadi salah satu potret kemajuan peradaban yang lebih baik. Kita sebagai mahasiswa tentunya tidak boleh berada di zona nyaman karena kemajuan teknologi saat ini, kita dilahirkan untuk membawa perubahan yang bisa menjadikan diri kita sebagai kaum intelektual yang bisa memiliki nalar kritis sebagai pondasi dan ciri khas mahasiswa.

Tugas mahasiswa bukan hanya sekedar belajar di kelas, tetapi mahasiswa harus selalu berkembang untuk menghidupkan nalar kritisnya, sehingga kita harus mampu memposisikan diri kita sebagai mahasiswa yang haus akan pengetahuan, agar nantinya bisa menjadi penerus peradaban yang memiliki pemikiran kompleks untuk memberikan solusi terhadap persoalan kebangsaan, berdasarkan keimanan dan ketaqwaan.

“Sebagai insan terpelajar sekaligus elemen masyarakat, mahasiswa mempunyai peran yang kompleks, hingga digadang-gadang dapat menjadi Kaum Intelektual yang dapat bermanfaat bagi masyarakat dengan perannya sebagai Penggerak Sosial terlebih dimasa Pandemi Covid-19 seperti saat ini,” imbuhnya.

Sri menambahkan pentingnya peran mahasiswa dalam membawa perubahan bangsa. Ide dan gagasan intelektual mahasiswa dapat mengubah paradigma perkembangan dalam kelompok serta menyesuaikannya sehingga terarah dan sesuai dengan kepentingan bersama. 

“Dalam hal ini tentunya pemerintah tidak bisa melakukannya sendirian. Untuk mendukung pemerintah dalam melaksanakan pembangunan tersebut, dibutuhkan peran dan partisipasi dari masyarakat. Salah satu komponen masyarakat tersebut adalah mahasiswa,” pungkas Sri.

Sementara itu, Ketua Panitia FIC Abdul Razhak dalam laporannya menyampaikan FIC adalah acara tahunan dan rutin yang dilaksanakan oleh keluarga besar Mahad Al-Jamiah IAIN Palangka Raya setiap tahunnya. Ini juga merupakan ajang pertunjukan minat dan bakat mahasantri, yang menjadi penghuni mahad al-jamiah baik itu yang mabit maupun muqim.

FIC terselenggara atas bantuan seluruh pihak yang dengan sukarela menyumbangkan harta, tenaga, pikiran dan waktunya sehingga acara FIC kali ini bisa terlaksana dengan baik. Jika dilihat secara historis, FIC sempat vakum beberapa tahun dikarenakan adanya pandemi covid-19.      

“Alhamdulillah tahun ini dapat terselenggara kembali sejak tahun 2019 kurang lebih agenda FIC terhenti selama 3 tahun, namun hal itu tentunya tidak menyurutkan semangat kami untuk terus survive, terus berjuang sehingga acara ini dapat terselenggara dengan baik,” kata Abdul.

“Saya selaku ketua panitia penyelenggara acara FIC mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat serta rekan-rekan panitia yang telah membantu dalam penyelenggaraan acara ini,” tukasnya.

Sebagai informasi Fantastic Islamic Concert atau yang lebih dikenal dengan FIC adalah suatu kegiatan pelepasan mahasantri Mahad Al-Jamiah IAIN Palangka Raya. Kegiatan ini merupakan malam puncak dari seluruh kegiatan mahad dan sebagai tanda berakhirnya aktivitas-aktivitas dan program-program yang ada di Mahad Al-Jamiah.

Turut hadir Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Pemkot Palangka Raya Hambali, Rektor IAIN Palangka Raya Khairil Anwar, Wakil Dekan IAIN Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Asmawati, para Pembina dan Pengurus Mahad Al-Jamiah serta seluruh tamu undangan.


(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments