P. Raya

Staf Medis dan Keperawatan Rumah Sakit Bhayangkara Dibekali Pelatihan Manajemen Nyeri

PALANGKA RAYA - Rumah Sakit Bhayangkara  Bidang Urusan Pendidikan dan Penelitian (Urdiklit) Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Palangka Raya menggelar Pelatihan Manajemen Nyeri untuk petugas kesehatan yang terdiri dari dokter, perawat dan bidan dari masing-masing unit bertempat di Aula Gawi Hapakat Rumkit Bhayangkara setempat, Rabu (21 September 2022) siang.

Kegiatan yang dilaksanakan sebagai ajang bertukar ilmu dan pengetahuan ini disampaikan langsung oleh narasumber eksternal yakni Dokter Spesialis Anestesi dr. I Gede Koko Swadharma S., M.Biomed., Sp. An. dari RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya.

Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Bhayangkara Tk III Palangka Raya Kompol dr. Anton Sudarto menuturkan pelatihan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi tenaga kesehatan tentang pengelolaan rasa nyeri, serta cara-cara untuk mengatasi nyeri pada berbagai penyebab saat bertugas melayani pasien.

“Saya menyambut baik atas terselenggaranya pelatihan manajemen nyeri ini sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas layanan kesehatan yang juga berdampak positif bagi peningkatan kapasitas dan kompetensi tenaga medis dan keperawatan”, tutur dr. Anton Sudarto.

Sementara itu, dr. I Gede Koko Swadharma S., M.Biomed., Sp. An., selaku narasumber mengatakan keluhan nyeri pada tenaga kesehatan merupakan keluhan yang paling umum ditemukan ketika kita sedang melakukan tugas sebagai bagian dari tim kesehatan, baik itu di ruangan pelayanan rawat jalan, maupun rawat inap. 

Oleh karena itu, melalui pelatihan ini, sangat penting untuk memberikan hasil pelayanan yang memuaskan kepada pasien, katanya.

Terakhir, dr. I Gede Koko Swadharma S., M.Biomed., Sp. An.,  tekankan, manajemen nyeri ini merupakan bentuk upaya dalam meningkatkan kompetensi para perawat sehingga tanggap dalam menangani nyeri yang dirasakan pasien dan dikelola dengan melakukan pemantauan secara kontinyu dan terencana.

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments