P. Pisau

Tersebar di Lima Kecamatan Food Estate Multi Komoditas, Ini Kata Kadistan Pulang Pisau

PULANG PISAU - Kawasan program ketahanan pangan food estate di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng), merupakan kawasan multi komoditas. Artinya kawasan tersebut tidak hanya ditanami satu jenis tanaman saja, tapi dapat dikembangkan berdasarkan kondisi dan potensi wilayahnya.

"Jadi, tak hanya tanaman padi saja yang bisa dikembangan di kawasan food estate. Tanaman hortikultura, peternakan dan perikanan pun dapat dikembangkan menyesuaikan kondisi dan potensi wilayahnya," ujar Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Pulang Pisau, Slamet Untung Riyanto, Rabu (09/03/2022).

Dikatakannya, lima dari delapan  kecamatan yang ada di Kabupaten Pulang Pisau masuk dalam kawasan program food estate. 

Diantara lima kecamatan itu, lanjutnya,  seperti Kecamatan Kahayan Hilir, Maliku, Pandih Batu, Jabiren Raya dan Kahayan Kuala masing-masing memiliki kondisi potensi pengembangan komoditas selain tanaman padi.

"Untuk wilayah dataran tinggi itu cocok untuk pengembangan komoditas hortikultura. Bahkan peternakan dan perikanan pun menjadi komoditas di kawasan food estate yang tentu dibarengi dengan SDM, teknologi dan sinergi seluruh elemen guna menyukseskan program tersebut," ucap Slamet. 

(Sadiyo/Altius)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments