Barut

Tiga Kelompok Tani Teweh Selatan Tanam Penangkaran Bibit Padi Mikongga

MUARA TEWEH - Selama ini bantuan bibit padi yang ditanam untuk pertanian didatangkan dari luar setiap tahun. Hal ini, karena di daerah masih belum cukup ketersediaan bibit.

Suria,A.Md Koordinator Balai Penyuluh Pertanian, Teweh Selatan, mengatakan, tiga kelompok tani sudah diberikan pembekalan atau pelatihan cara mengolah bibir padi untuk pertanian.

Menurut Suria, lahan untuk bibit padi yang disiapkan kurang lebih 20 hektar, dimana tiga kelompok tani akan mengelola penangkaran padi.

" Kita memberikan motivasi Untuk penangkaran ini dan kita siapkan lahan di tiga tempat, seperti Trahean, Trinsing dan Transbangdep,"kata Suria, Kamis (10/2/2022).

Dikatakan untuk penangkaran bibit yang ditanam nantinya jenis Mikongga, dimana bibit jenis ini sangat cocok untuk wilayah Barito Utara, bahkan banyak petani menggunakan jenis bibit padi ini.

Dikatakannya, penangkaran yang sudah disiapkan pada musim Asep dan panen Okmar.sedangkan anggaran berasal dari pusat melalui rekening kelompok tani sebesar Rp 1,675 perhektar. Sementara untuk menunjang hasil agar lebih baik, dinas pertanian akan membantu berupa pupuk dan obat obatan.

Suria juga menambahkan, pihaknya akan mengadakan Pelatihan online sejuta penyuluh petani pada 23 Pebruari 2022 dan BPP Trahean menyiapkan tempat. 

"Pelatihan sejuta petani secara online nanti dipandu oleh kementerian.Tujuan memberikan pengetahuan kepada petani melenial yang berbasis unggulan," katanya.

Dengan pelatihan nanti diharapkan seluruh petani mendapat bimbingan dan pengetahuan, hal ini agar Propesi pertanian bukan saja unggulan tetapi menjadi petani andalan.


(Syarbaini)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments