P. Raya

Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023, Korem 102/Pjg

PALANGKA RAYA - Komandan Korem (Danrem) 102/Pjg Brigjen TNI Bayu Permana diwakili Kasrem  Kolonel  Inf Ulysses Sondang, S.I.P.,  M.Hum., bertindak selaku Inspektur Upacara pada Pelaksanaan Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023 dan sebagai Komandan upacara  Kepala Penerangan Korem 102/Pjg Mayor Arh Yulius, bertempat dihalaman Makorem 102/Pjg Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sabtu (28/10/2023).

Dengan dilaksanakannya Upacara memperingati hari Sumpah Pemuda ini diharapkan dapat dijadikan momentum membangkitkan semangat kolaborasi  dalam memajukan  negeri serta menumbuhkembangkan pemuda menjadi pribadi berkarakter, berkapasitas, dan berdaya saing. Mendorong pemuda sebagai pelopor semangat kebangsaan dan pemersatu bangsa. 

Dalam Sambutannya, Menteri Pemuda dan Olahraga yang dibacakan oleh Kasrem  Kolonel  Inf Ulysses Sondang, S.I.P.,  M.Hum., menyampaikan, peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia” dengan logo HSP ke-95 yang bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna-warni. Menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan    budaya, Heterogeni-tas  tersebut  sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia.

Posisi Indonesia memang sedang berproses menyelesaikan persoalan korupsi, kemiskinan, pengangguran,  narkoba,  pornografi,  hoax, ujaran kebencian serta sejumlah problem bangsa lainnya, tetapi semua itu bukan menjadi alasan bagi para pemuda untuk berhenti melaju menuju Indonesia maju dan menciptakan masyarakat adil dan makmur.  

Disisi lain, perkembangan teknologi terkini dan arus informasi yang semakin cepat membuat kesenjangan  penguasaan  terhadap teknologi  dan  informasi  antar generasi, demikian halnya dengan tatanan sosio-kultural, politik, dan bahkan bisnis yang dikontestasi, kita perlu bertanya apakah artificial intelligence telah digunakan optimal secara masif, mengimbangi percepatan dan t ini saja sudah cukup membuat kewalahan.

Oleh karena itu, setiap pemuda perlu  mempunyai visi, misi dan  peran strategis untuk  30  tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat. Strategi paling ampuh adalah dengan tolong-menolong lintas generasi dan  gotong royong lintas sektor.

Pada momen hari  Sumpah Pemuda ini, kita harus  canangkan  kebulatan tekad semua stakeholder baik   Kementerian dan lembaga, pemerintah  Provinsi, Pemerintah kabupaten kota,  Organisasi kepemudaan, Komunitas serta elemen-elemen lain.

Hadir pada Upacara Tersebut Kelompok Pama dan Pamen jajaran Korem 102/Pjg, Kelompok Korsik Ajenrem 102/Pjg, 1 SSR Pama Korem 102/Pjg, 1 SSR Denpom XII/Plk,  2 SSR Yonif 631/Atg, 1 SST Korem 102/Pjg,  2 SST Balak aju Korem 102/Pjg dan 1sst PNS TNI AD Korem 102/Pjg Dan Balak Rem.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments