P. Raya

Vaksin Inavac Karya Anak Bangsa

PALANGKA RAYA - BPOM kembali meluncurkan vaksin hasil produksi industri farmasi dalam negeri, yaitu Vaksin Inavac atau yang sebelumnya dikenal dengan nama Vaksin Merah Putih.

“Vaksin Inavac merupakan vaksin karya anak bangsa Indonesia yang benar-benar 100% dikembangkan dari hulu atau awal tahapan pengembangan suatu vaksin baru dengan menggunakan seed vaksin dari hasil isolasi virus SARS-CoV-2 pasien COVID-19 di Surabaya.” ungkap Kepala BPOM RI, Penny K. Lukito pada Konferensi Pers Pesetujuan Vaksin Inavac (Vaksin Merah Putih) di kantor BPOM Jakarta, Jumat ( 04/11/2022).

Vaksin Inavac merupakan vaksin COVID-19 dengan platform inactivated virus yang dikembangkan oleh peneliti di Universitas Airlangga dan diproduksi serta didaftarkan oleh PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia (PT Biotis). Persetujuan Izin Penggunaan Darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) Vaksin Inavac telah dikeluarkan BPOM pada 1 November 2022.

Kepala BPOM menekankan bahwa dengan disetujuinya EUA Vaksin Inavac ini mendukung cita-cita Bangsa Indonesia mewujudkan kemandirian dalam penyediaan vaksin COVID-19 dalam negeri. Keberhasilan ini juga sebagai kemajuan industri farmasi Indonesia yang dapat meningkatkan daya saing produk obat dan vaksin dalam negeri di mata dunia.

“Dengan dikeluarkannya izin produksi dan distribusi vaksin karya anak bangsa ini, semoga dapat membuka penelitian-penelitian lain untuk terus konsisten dikembangkan di Indonesia, untuk diproduksi menjadi produk obat yang aman, berkhasiat, dan bermutu bagi masyarakat,” tutup Kepala BPOM.

(Era Suherti)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments