P. Raya

Wakil Kepala BRIN  Kunjungan Kerja Dan Supervise di Provinsi Kalimantan Tengah

PALANGKA RAYA - Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah (TPHP Prov. Kalteng) menerima kunjungan kerja dan supervisi Wakil Kepala BRIN Amarulla Octavian di Provinsi Kalimantan Tengah. Wakil Kepala BRIN menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Gubernur Kalimantan Tengah beserta seluruh jajaran yang telah menjadi inisiator terlaksananya Kolaborasi Riset Sustainable Smart Greenhouse (Smart Farming System) untuk komoditas Hortikultura.

Kunjungan kerja Wakil Kepala BRIN adalah yang perdana ke Provinsi Kalimantan Tengah dalam rangka meninjau progres lapangan dan pelaksanaan kerja sama dengan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah di Km 38 Palangka Raya, dan sekaligus menyampaikan materi pada kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pengelolaan Smart Greenhouse di M Bahalap Hotel, Palangka Raya.

Kedatangan Wakil Kepala BRIN di Bandara Tjilik Riwut disambut dengan upacara pengalungan Lamiang (Syal Adat Dayak) dan Lawung (Topi Adat Dayak) oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko.

Smart Farming menawarkan berbagai solusi inovatif untuk tantangan yang dihadapi sektor pertanian modern di Provinsi Kalimantan Tengah,” ujarnya.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam program kerja sama ini adalah Participatory Rural Apraisal (PRA) Pengelolaan Smart Greenhouse, Focus Group Discussion (FGD) Pengelolaan Smart Greenhouse, Riset Sustainable Smart Greenhouse (penilaian keberlanjutan dan life cycle assessment), Pemetaan Kesesuaian Lahan, Bimbingan Teknis kepada Kelompok Tani Hortikultura dan Pendampingan Penerapan Teknologi Budidaya melalui Smart Farming pada pembangunan Smart Greenhouse, yang secara tata waktu pelaksanaan kontrak kerja sama dilaksanakan mulai tanggal 12 Agustus sampai dengan akhir bulan November tahun 2024.

(Deddi)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments