Kalteng

Yulhaidir Membuka Ekspos Indeks Desa Membangun

KUALA PEMBUANG - Bupati Seruyan membuka secara resmi ekspos desa membangun dan percepatan penyerapan anggaran desa tahap 2 dan 3 tahun anggaran 2022 di aula kantor BPKAD Kabupaten Seruyan.   

Bupati Seruyan membuka langsung ekspos desa membangun dan percepatan penyerapan anggaran desa tahap 2 dan 3 tahun anggaran 2022 bertempat di aula kantor BPKAD Kabupaten Seruyan dan dihadiri oleh camat dan kades serta perangkat desa.

Kegiatan ini sekaligus mengevaluasi perkembangan desa sesuai dengan indeks desa yang nantinya akan menjadi acuan dalam menyusun rencana kerja pemerintah desa dan anggaran pengeluaran belanja desa atau apbdes.

Yulhaidir mengatakan berdasarkan peraturan menteri dalam negeri tentang dana desa, penyaluran dana desa di bagi menjadi 3 tahap yaitu, tahap 1 sebesar 40 persen dari pagu dana desa dan paling cepat disalurkan pada bulan bulan januari, sementara itu tahap 2 sebesar  40 persen dari pagu dana desa dan paling cepat disalurkan bulan maret.

Sementara tahap 3  sebesar 20 persen dari pagu dana desa dan paling cepat bulan juni.

Menurut data yang dimilikinya yulhaidir mengatakan bantuan langsung tunai tahap satu telah 100 persen dilakukan, dirinya mengucapkan terimakasih kepada aparat desa maupun kecamatan yang secara sigap telah melakukan pencairan bantuan langsung tunai kepada masyarakat.

Sementara itu, pengajuan pencairan tahap 2 dana desa, dari 97 desa yang dianggarkan baru 23 desa yang sudah mengajukan , untuk itu pihaknya mengeluarkan surat kuasa pemindah bukuan dalam proses pencairan dana desa, dengan target yang ditetapkan untuk tahap 2 harus selesai realisasi di bulan juli dan tahap 3 pada bulan agustus.

(Giya)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments