P. Pisau

13 Kendaraan Plat Merah Terjaring Razia Akibat Tak Bayar Pajak

PULANG PISAU - Tim gabungan terdiri dari Satlantas Polres Pulang Pisau, Polda Kalteng bersama Samsat daerah setempat, menggelar razia dengan sasaran  kendaraan jenis roda dua (R2) dan roda empat (R4), Selasa (22/03/20221) di Poslantas Polres Pulang Pisau. 

Dalam operasi razia tersebut, sedikitnya ada 13 unit kendaran berplat merah terjaring razia akibat belum memenuhi kewajibannya membayar pajak tahunan. 

Kasatlantas Polres Pulang Pisau, Waryono melalui KBO Tri Budiantoro mengatakan, kegiatan ini akan dilaksanakan di beberapa titik berbeda di kawasan Kota Pulang Pisau. 

"Hari ini kami gelar giat di kawasan Pos Lantas Pulang Pisau, sedangkan di lokasi lainnya akan dilaksanakan di kawasan perkantoran, terkhusus dengan sasaran penertiban kendaraan plat merah," katanya kepada sejumlah awak media. 

Terkait pelanggaran, Tri menjelaskan rata-rata pelanggar adalah tenaga honorer Pemkab Pulang Pisau yang mengendarai dan mengemudikan kendaraan plat merah. 

"Juga pelanggar banyak dari anak sekolah, serta pengguna jalan umum bahkan ada pengendara kendaraan roda 4 di bawah umur," ujarnya. 

Tri berharap, dengan adanya kegiatan tersebut, upaya memberikan pengamanan agar pengendara dan  pengemudi melengkapi kendaraan yang digunakan sehari-hari. 

"Tujuannya, melalui kepatuhan pengendara di wilayah Kalteng, khususnya Pulang Pisau, dapat aman dalam berkendara," imbuhnya. 

Kepala Samsat Pulang Pisau,Santi Kristiana melalui Kasubag Tata Usaha Ami menerangkan bahwa kegiatan tersebut menyasar pada kepatuhan pengendara akan kewajiban membayar pajak. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh data banyak terdapat pemilik kendaraaan tidak membayar pajak seperti halnya untuk kendaraan plat merah. 

"Hari ini kita melakukan penertiban pajak kendaraan, mereka para pelanggar bisa langsung membayar di tempat. Pada hari lain kita akan lakukan kegiatan dengan menyasar plat merah sebagaimana data yang kami miliki sedikitnya 700 buah kendaraan milik pemda belum membayar pajak," ucapnya. 

Sementara, razia tim gabungan tersebut dilaksanakan selama sepekan dengan sasaran kelengkapan kendaraan, pajak, SIM serta kendaraan yang membawa muatan berlebih.

(Sadiyo/Altius)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments