P. Raya

14 Daerah Kabupaten/ Kota Se- Kalteng Ikuti Seminar Bahasa Daerah

PALANGKA RAYA - Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan Seminar Prakongres Bahasa Daerah Tahun 2023. Kegiatan di adakan  di Hotel Putra Kahayan, Palangka Raya, Provinsi Kalteng, Senin tanggal 9 Oktober sampai dengan 11 Oktober 2023.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah, Drs. Muhammad Muis, M.Hum., didampingi Kepala Subbagian Umum, R. Hery Budhiono, M.A., dan dihadiri oleh seluruh koordinator guru utama Revitalisasi Bahasa Daerah dari 14 kabupaten/kota Se- Kalteng.

Dalam sambutannya, Drs. Muhamad Muis, M.Hum., menyampaikan bahwa kegiatan itu dapat menjadi ruang diskusi yang aspiratif dan produktif sebelum pelaksanaan Kongres Bahasa Daerah yang rencananya dilaksanakan pada tahun 2024 yang dilakukan oleh Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah.

"Akan menjadi kongres pertama yang fokus pada isu pelindungan dan pelestarian bahasa dan sastra daerah. Hal itu tentu berkaitan sangat erat dengan Revitalisasi Bahasa Daerah yang selama dua tahun terakhir dilaksanakan oleh Balai Bahasa, " Ucap Muis.

Hadir sebagai narasumber seminar tersebut adalah pakar dan akademisi dalam bidang kebahasaan dan kebudayaan. Mereka adalah Kumpiady Widen dan Maria A. Luardini, guru besar Universitas Palangka Raya; Kusni Sulang, seorang budayawan; Marko Mahin, seorang antropolog; Sidik Usop, tokoh Dewan Adat Dayak (DAD), dan Gauri Daneswara, staf Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah.  Turut hadir juga sebagai peserta kehormatan ialah dua peneliti asing dari Singapore University dan Tsinghua University. 

Sebelum menutup sambutannya, Muis juga menyampaikan harapannya terhadap seluruh koordinator guru utama yang menjadi salah satu garda terdepan dalam pelestarian bahasa daerah agar tetap menjaga komitmen dan perjuangan dalam merevitalisasi bahasa daerah di daerah masing-masing. Muis juga mengimbau para narasumber untuk menyusun rekomendasi seputar bagaimana mengelola dan melestarikan kekayaan bahasa dan sastra daerah di Kalimantan Tengah. 

Kegiatan dihadiri oleh, Kepala Dinas Balai Bahasa Provinsi Kalteng Drs. Muhammad.Muis,.M.Hum., Kepala Dinas Disbudpar, Ketua DAD Dayak Provinsi Kalteng,  juga Para Narasumber dari pakar bidang kebahasaan dan kebudayaan dan Para Guru Bidang Bahasa Kabupaten kota Se Kalteng.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments