P. Raya

HMI Palangka Raya Gelar Aksi Damai

PALANGKA RAYA - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kota Palangkaraya menggelar aksi damai di depan Markas Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah (Polda Kalteng) pada Selasa (10/10/2023) sekitar pukul 13.00 WIB. Aksi damai ini dilakukan sebagai respons terhadap bentrokan antara warga dan aparat kepolisian yang terjadi beberapa waktu lalu di wilayah PT Hamparan Masawit Bangun Persada (PT HMBP) di Desa Bangkal, Kecamatan Seruyan Raya, Kabupaten Seruyan. Bentrokan tersebut tragis, mengakibatkan satu orang meninggal dunia.

Dalam aksi damai ini, HMI Cabang Kota Palangkaraya menuntut pencopotan Kapolda Kalteng, Irjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M dan Kapolres Seruyan AKBP Ampi Mesias Von Bulow. Para mahasiswa yang tergabung dalam aksi ini memadati halaman depan Polda Kalteng, mengenakan pakaian serba hitam sambil membawa bendera dan spanduk tuntutan.

Ketua Umum Formatur HMI Cabang Kota Palangka Raya, Rizky Oktaviandi, menyampaikan kekecewaannya terhadap tindakan aparat kepolisian yang dinilainya berlebihan dalam menangani situasi di Desa Bangkal. Menurutnya, aksi damai ini adalah bentuk protes terhadap penanganan kericuhan tersebut dan sekaligus pertanggungjawaban atas kejadian yang menimpa warga.

Meski demikian, aksi damai HMI berjalan lancar dan mendapat pengawalan dari Kapolresta Palangka Raya Kombes Pol, Budi Santosa. Sementara itu, Kapolda Kalteng, Irjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M, tengah berada di Seruyan untuk menyelesaikan masalah yang terjadi dalam peristiwa tersebut.

Para mahasiswa HMI berharap bahwa tuntutan mereka akan didengar dan dipertimbangkan oleh pihak berwenang, sehingga keadilan dapat ditegakkan dan masyarakat dapat hidup dalam suasana yang aman dan damai di wilayah mereka.

(Hariri)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments