Barsel

20 Enumerator Akan Diterjunkan Diwilayah Barsel

BUNTOK - Sebanyak 20 enumerator akan diterjunkan diwilayah Kabupaten Barito Selatan, guna melakukan survay dalam bidang kesehatan.  Hal itu disampaikan Pj Bupati Barito Selatan Deddy Winarwan usai membuka rapat kordinasi terkait dengan akan dilaksanakan survay kesehatan Indonesia  yang dihadiri asisten I Setda Barito Selatan dan sejumlah Kepala Dinas Lingkup Pemkab Barito Selatan. Lebih lanjut Dedy Winarwan mengatakan, survay kesehatan itu bertujuan untuk menilai status kesehatan masyarakat, termasuk status gizi di tingkat Kabupaten Barito Selatan.

Deddy Winarwan juga menyampaikan data yang berhasil dihimpun oleh para enumerator akan menjadi data dasar dalam penyusunan perencanaan pembangunan kesehatan khususnya pada RPJMN 2025-20229. Dikatakan juga, survay kesehatan indonesia merupakan survay berkala untuk mengevaluasi hasil pembangunan melalui indikator kesehatan masyarakat dalam RPJMN dan sebagai dasar perencanaan pembangunan kesehatan berikutnya .

Dalam kesempatan itu Pj Bupati juga mengungkapkan, seluruh petugas enumerator berasal dari warga Barito Selatan, kegiatan survay kesehatan Indonesia yang akan dilaksanakan selama 2 bulan berakhir pada bulan Oktober 2023, akan terintegrasi dengan pengukuran status gizi melalui mekanisme single survay .

Sementara itu asisten I Setda Barito Selatan Y.P. Utomo juga menuturkan survay itu sejalan dengan pemerintah daerah dalam percepatan memerangi stunting. Diharapkan hasil survay itu mendapatkan arah dalam mengukur penanganan stunting.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Daryomo Sukiastono mengharapkan para enumerator dapat menjalankan tugas sesuai fungsinya dan dapat tepat sasaran dengan mem-bawa hasil data yang valid guna kepentingan pembangunan kesehatan di Barito Selatan.

Untuk data blok sensus di Kabupaten Barito Selatan terdapat 62 blok sensus, dengan sasaran 5739 rumah tangga, yang berada di 42 kelurahan yang tersebar di 6 kecamatan seluruh Kabupaten Barito Selatan, yang akan dilakukan pengumpulan data sub sampel pada 620 rumah tangga dan penambahan rumah tangga balita.

(Ary Mampas)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments