P. Pisau

6 Ton Bantuan Bagi Korban Banjir Jabiren Raya

PULANG PISAU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau (Pulpis), melalui Dinas Sosial (Dinsos) kembali menyalurkan bantuan cadangan beras pemerintah (CBP) bagi masyarakat Kecamatan Jabiren Raya, khususnya Desa Tanjung Taruna dan Tumbang Nusa, yang terdampak Banjir.

Penyaluran penyaluran langsung dipimpin Bupati Pulpis Pudjirustaty Narang yang didampingi Kepala Dinas Sosial, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Camat Jabiren Raya berserta jajaran dengan sedikitnya menyarulkan 6 ton beras.

"Penyaluran dilakukan secara simbolis oleh Bupati Pulpis Pudjirustaty Narang belum lama ini. Tercatat ada sekitar 6 ton beras yang disalurkan," ucap Kepala Dinas Sosial Pulpis Eknamensi Tawun.

Ia mengungkapkan bantuan beras telah diturunkan Pemkab Pulpis dari Bulog Kalteng sebanyak 30.396,8 kg atau 30,3 ton lebih yang akan disalurkan kepada warga terdampak banjir di Wilayah Bumi Handep Hapakat.

Terkait penyaluran dilakukan pihaknya dengan teknis pendistribusian yang dilakukan oleh pemerintah desa (Pemdes) setempat langsung kepada warga terdampak banjir.

"Di Kecamatan Jabiren Raya warga yang terdampak banjir mencapai 2000 jiwa. Sedangkan untuk Kecamatan Banama Tingang dan Kahayan Tengah tercata 5.428 jiwa warga terdampak banjir, dan bantuan CBP jugabsudah disalurkan," katanya.

Tawun, juga mengatakan sejauh ini Pemkab Pulpis telah melakukan langkah-langkah penanganan banjir melalui bantuan sosial dengan harapan kehadiran pemerintah mampu meringankan beban masyarakat terdampak banjir, khususnya di wilayah Kabupaten ulang Pisau.

"Selain menyalurkan bantuan CBP, Dinsos Pulpis juga telah menerjunkan Tim Dapur Umum dan relawan lainnya untuk penanganan banjir di Kecamatan Kahayan Tengah dan Banama Tingang. Jadi kita harapkan masyarakat dapat bersabar dan berupaya melindungi diri untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat membahayakan diri karena banjir akibat luapan ini tentu akan memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan, ekonomi dan aktivitas lainnya," pesan Tawun.

Ia juga tidak lupa menyampaikan terkait kondisi banjir akibat luapan air sungai di tiga kecamatan di wilayah Kabupaten Pulang Pisau, yakni, Kecamatan Jabiren Raya, Kahayan Tengah dan Banama Tingang.

Ketiga wilayah tersebut merupakan banjir langganan yang dampaknya air menggenangi ruas jalan dan pemukiman warga, hingga harus ekstra waspada saat banjir musiman terjadi.

"Kita juga terus mencari solusi bersama unsur terkait lainnya, dalam menangani hal ini," tutup Tawun.

 

(Antang)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments