P. Raya

Achmad Rasyid : Dorong Pengembangan Usaha Pertanian Masyarakat di DAS Barito

PALANGKA RAYA - Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Achmad Rasyid mendorong adanya dukungan pengembangan usaha pertanian masyarakat oleh pemda khususnya di DAS Barito.

Saat reses di Kecamatan Dusun Tengah, Kabupaten Barito Selatan pihaknya ada menerima aspirasi masyarakat petani disana yakni harapan dukungan pemda terhadap pengembangan usaha jagung seperti pengadaan bibit unggul.

"Usaha pengembangan jagung ini sangat diminati masyarakat petani di wilayah itu. Oleh karenanya mereka meminta agar pemda bisa mengusahakan pengadaan bibit unggul untuk mendukung sektor pertanian jagung masyarakat," ucapnya, Selasa, 26 Juli 2022.

Dia menjelaskan, jangung merupakan salah satu sumber makanan yang baik untuk dikonsumsi terutama bagi kesehatan. Dan sangat diharapkan, sektor pertanian jagung masyarakat itu didukung guna untuk memenuhi stok dalam daerah serta permintaan masyarakat.

Dari sisi lahan pertanian diketahui bahwa tanah disana cukup subur dan cocok untuk taman jagung, sehingga apabila dapat dikembangkan dan didukung maka akan berdampak positif terhadap perkembangan pertanian jagung di wilayah tersebut.

"Kita tidak bisa pungkiri, tanpa adanya dukungan pemerintah usaha masyarakat ini sulit untuk berkembang. Jadi, pemerintah harus dapat jeli melihat peluang terlebih ini pada sektor pertanian, agar Kalteng kedepan mampu mewujudkan keinginan menjadi salah satu lumbung pangan nasional," tukasnya.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments