P. Pisau

Akhir Triwulan III, Realisasi Anggaran Keuangan Pulpis ditargetkan Capai 75 Persen

PULANG PISAU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPPKAD) Pulang Pisau (Pulpis) menyampaikan target realisasi anggaran keuangan harus sudah mencapai 75 Persen di akhir triwulan tiga.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris BPPKAD Pulpis Zulkadri berdasarkan rapat koordinasi bersama Bupati Pudjirustaty Narang dan Sekretaris Daerah (Sekda) Tony Harisinta serta kepala Organisasi Perangkat Daerah dilingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulpis belum lama ini.

"Ini sudah memasuki pertengahan triwulan ketiga tahun anggaran 2021 ini, Pemkab Pulpis telah menargetkan diakhir triwulan ini sudah mencapai 75 Persen," ucap Zulkadri, Senin (09/08/2021).

Ia mengungkapkan, untuk mencapai target itu, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemkab Pulpis, diminta ekstra kerja keras dan berkonsentrasi dalam bekerja merealisasikan anggaran keuangan.

“Terutama OPD yang memiliki anggaran cukup besar seperti Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian, dan RSUD harus membuat inovasi agar memberikan kemudahan kepada pihak ketiga dalam pengurusan administrasi pencairan keuangan, sehingga anggaran terserap lebih cepat,” kata Zulkadri.

Ia meminta OPD dan kontraktor pekerjaan proyek bekerjasama dan segera mencairkan uang muka, dan bagi yang sudah mencairkan uang muka segera mencairkan termin sesuai progres fisik, dan bagi kegiatan yang sudah selesai segera melakukan proses pencairan supaya tidak menumpuk di akhir tahun.

Menurut Zulkadri, melihat realisasi per 31 Juli 2021, serapan anggaran sudah mencapai 39,32 persen. Sementara menurut pengamatannya, realisasi fisik pekerjaan rata-rata telah mencapai 60 persen lebih, bahkan ada yang sudah selesai 100 persen.

“Harapan kita progress fisik ini seiring dengan realisasi keuangan di triwulan ke tiga ini, sebab berdasarkan laporan sudah banyak pekerjaan fisik yang progresnya mencapai 60 persen bahkan 100 persen, namun belum melakukan proses pencairan. Jangan sampai pengajuan pencairan tertumpuk di bulan Desember, sehingga realisasi keuangan terhambat,” ungkapnya.

Namun, Zulkadri optimis, jika OPD fokus dan konsentrasi terhadap pekerjaannya, target 75 persen di akhir triwulan ketiga ini akan tercapai sesuai harapan.

“Hal ini perlu disampaikan kepada pihak ketiga atau pihak kontraktor untuk bekerjasama meningkatkan serapan anggaran agar target tercapai di akhir triwulan tiga ini,” tutup Zulkadri.

 

 

(Antang)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments