P. Raya

Antisipasi Peningkatan Inflasi Jelang Bulan Ramadhan

PALANGKA RAYA - Menjelang Bulan Ramadan inflasi akan sangat berpengaruh. Sekretaris Daerah (Sekda) Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Nuryakin kemungkinan akan adanya kenaikan inflasi. Ini dipicu peningkatan permintaan. Kendati demikian Nuryakin memastikan Kalteng masih aman dari peningkatan inflasi, walaupun tidak menutup kemungkinan bisa saja terjadi.

“Di Kalteng untuk saat ini masih aman terhadap kenaikan inflasi, karena Kalteng telah keluar dari zona merah. Sebelumnya Kalteng masih berada di zona merah, sempat dengan posisi ke-2 nasional, dan sekarang kita sudah berada diurutan ke 15 atau berada di zona aman,” ucapnya, saat Rakor Inflasi di Aula Jayang Tingang Lt. 2, Kantor Gubernur, Senin (13/3/2023).
Sekda menyampaikan, kunci utama pengendalian inflasi ialah harus bersinergi dan kolaborasi antar stakeholder terkait.

“Itu paling penting, sehingga yang lebih penting lagi untuk saat ini stok pangan di Kalteng masih terjaga dan aman. Jika kita menyesuaikan harga permintaan hari besar keagamaan otomatis saja kenaikan harga akan mengikuti,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kalteng Aster Bonawaty menyatakan, menjelang bulan Ramadan nantinya tetap terus melaku-kan pasar penyeimbang guna mencegah kenaikan inflasi.

“Untuk itu kita telah melaksanakan pasar penyeimbang di berbagi daerah kabupaten, dan kota tiap minggunya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi dilakukan tiap Senin guna mengontrol dan memantau tindakan yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov), Pemerintah Daerah (Pemda), Kabupaten dan Kota. Rakor ini dilaksanakan secara virtual DI Aula Jayang Tingang Lt. 2, Kantor Gubernur bersama kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Tito Karnavian.


(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments