P. Pisau

Antisipasi tingkatkan kualitas dan aksebilitas layanan kesehatan, Pemkab Pulpis Gelar Pertemuan Persiapan Transformasi Puskesmas menjadi BLUD

PULANG PISAU Bertempat di Aula Auditorium BLUD RSUD Pulang Pisau pada hari Rabu, (18/09/2024). Dalam rangka meningkatkan kualitas dan aksesibilitas layanan kesehatan, Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau melalui Dinas Kesehatan menggelar kegiatan pertemuan Persiapan Puskesmas menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Pertemuan ini dibuka oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan, Reliasi, S.Sos., M.Si., yang mewakili Penjabat Bupati Pulang Pisau, Hj. Nunu Andriani, SE, M.Pd., dan dihadiri oleh 66 peserta dari Tim BLUD 12 Puskesmas serta Tim BLUD Dinas Kesehatan Pulang Pisau. Para narasumber berasal dari berbagai instansi, termasuk Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, BPKP Provinsi, Bapperida, dan BKAD yang ada di Kabupaten Pulang Pisau.

Hj. Nunu Adriani selaku Pejabat Bupati Pulang Pisau mengatakan dalam sambutannya tersebut, pada saat itu diwakili Staf Ahli Bupati  mengatakan Reliasi berharap pertemuan ini dapat menjadi ajang diskusi produktif yang mempersiapkan setiap puskesmas di Kabupaten Pulang Pisau untuk menjalankan fungsinya sebagai BLUD dengan baik dan sesuai target. Kepala Dinas Kesehatan Pulang Pisau, dr. Pande Putu Gina, menargetkan bahwa BLUD Puskesmas di kabupaten tersebut mulai beroperasi pada awal 2025.

Dr. Pande juga menekankan bahwa dengan status BLUD, puskesmas akan memiliki fleksibilitas lebih dalam pengelolaan keuangan, sehingga pelayanan kesehatan dapat ditingkatkan tanpa terbentur oleh birokrasi yang rumit. Namun, fleksibilitas ini harus dibarengi dengan transparansi tinggi dan akuntabilitas, serta berorientasi pada kepentingan masyarakat. Pertemuan ini menjadi langkah awal penting bagi puskesmas di Pulang Pisau dalam mencapai tujuan sebagai BLUD, sesuai dengan indikator yang ditetapkan dalam Renstra Kementerian Kesehatan 2020-2024.

(Marselinus)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments