P. Pisau

“Fokus jaga kesehatan dan deteksi dini penyakit” Pemkab Pulpis  Gelar Gerakan Kebugaran Jasmani dan Deteksi Dini Penyakit Prioritas di Masyarakat

PULANG PISAU Bertempat di halaman Kantor Bupati Pulang Pisau, pada hari Jumat, (20/09/2024). Dalam upaya menjaga kesehatan dan mendeteksi dini penyakit, Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau melalui Dinas Kesehatan menyelenggarakan Gerakan Kebugaran Jasmani dan Pengendalian Penyakit Prioritas, seperti diabetes, hipertensi, jantung, dan kanker.

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Penjabat Bupati Pulang Pisau, Hj Nunu Andriani, SE, M.Pd, dan dihadiri oleh pegawai dari berbagai instansi, seperti Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, Dinas Perhubungan, Diskominfo, dan Disperkimtan. Rangkaian kegiatan dimulai dengan senam kebugaran jasmani, skrining penyakit tidak menular (PTM), dan edukasi kesehatan yang dilakukan oleh tim dari Puskesmas Bereng, Kecamatan Kahayan Hilir.

Dalam sambutannya, Nunu Andriani menekankan pentingnya deteksi dini terhadap penyakit-penyakit prioritas agar penanganan bisa dilakukan lebih awal dan hasilnya lebih optimal. Ia juga mendorong agar masyarakat berolahraga secara rutin untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.

Tujuan dari Gerakan kebugaran ini, menurut Nunu, untuk mewujudkan masyarakat Pulang Pisau yang sehat. Ia berharap kegiatan serupa bisa dilakukan secara rutin di berbagai dinas, badan, dan kantor lain, agar menjadi bagian dari gaya hidup sehat yang terus diterapkan ke depannya. Dengan kata lain bisa menjadi lifestyle masyarakat.

Dikesempatan itu juga Kepala Dinas Kesehatan Pulang Pisau, dr. Pande Putu Gina, menyampaikan bahwa  kegiatan ini juga menyasar pada produktivitas kerja ASN dan TKHL di lingkungan pemerintah yang ada saat ini, serta akan berdampak pada tingkat kehadiran para ASN dikarena sering sakit, akibat  pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat tentunya. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman akan pentingnya deteksi dini dan kebugaran jasmani melalui olahraga teratur.

(Marselinus)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments