Kapuas

Apel Dan Simulasi Penanggulangan Karhutla Di Kapuas

KAPUAS  - Tim Gabungan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla yang terdiri dari tni-polri, badan penanggulangan bencana daerah, brigade pengendalian kebakaran hutan manggala agni dan relawan barisan pemadam kebakaran Tirta Borneo Kabupaten Kapuas, belum lama ini menggelar apel kesiapan pasukan di halaman polres Kapuas.

Apel gelar pasukan ini dilaksanakan dalam rangka simulasi sarana dan prasarana penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Kapuas.

Simulasi sarana dan prasarana penanggulangan kebakaran hutan dan lahan ini juga disaksikan secara langsung oleh Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo, Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, Kasrem 102/Pjg Kolonel Czi Wakhyono, Kepala Kejak-Saan Tinggi Provinsi Kalteng Iman Wijaya, Tim Satgas Provinsi Kal-Teng dan sejumlah pejabat lainnya.

Simulasi diawali tim gabungan karhutla menerima laporan bahwa terdapat titik api yang berada di salah satu kawasan lahan. Kemudian, tim gabungan menuju ke lokasi untuk melihat secara langsung lahan yang terbakar.

Melihat api berpotensi akan meluas, tim gabungan penanggulangan karhurla pun langsung berjibaku memadamkan api, dengan cara menyeprotkan air di titik-titik lahan yang terbakar agar tidak meluas ke area lainnya.

Kepala pelaksana penanggulangan bencana daerah kabupaten kapuas, panahatan sinaga mengatakan, apel gelar pasukan simulasi sarana dan prasarana penanggulangan karhutla dilaksanakan dalam rangka persiapan menghadapi kebakaran hutan dan lahan di wilayah kabupaten kapuas.

Panahatan menjelaskan, bahwa untuk kondisi saat ini di kabupaten setempat, sudah memasuki transisi musim hujan ke musim kemarau. Namun untuk titik hotspot atau titik panas saat ini masih kondusif, tetapi pihaknya tetap antisipasi.

Simulasi ini juga dilaksanakan, dengan tujuannya menyamakan per- sepsi dalam penanggulangan karhutla. Prinsip dan utamakan pen-cegahan, jangan sampai terjadi, lalu melakukan penangganan.

Sementara itu, dalam pelaksanaan apel dan simulasi ini juga dilakukan penyerahan alat sarana dan prasarana penanggulangan karhutla kepada para petugas, yang diserahkan secara simbolis oleh Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo, Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, Kasrem 102/Pjg Kolonel Czi Wakhyono, Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Kalteng Iman Wijaya.

 

(Irfansyah)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments