P. Raya

Aplikasi Pena Berkah Mengakses Semua Kegiatan Pendidikan Dan Pengumpulan Data

PALANGKA RAYA - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kalimantan Tengah M. Reza Prabowo, mendorong sekolah untuk mengoptimalkan aplikasi PENA BERKAH Platform Pendidikan Berkah atau yang di singkat PENA BERKAH.

Merupakan Platform Digital yang memfasilitasi pengumpulan data pendidikan, termasuk informasi mengenai sekolah, sarana dan prasarana, guru, dan siswa. Pena Berkah Belum di Launching dengan Aplikasi Pena Berkah Semua bisa di lihat dan di pantau.

M. Reza Prabowo Plt. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kalteng mengatakan perlu adanya partisipasi aktif sekolah dalam mengisi dan memanfaatkan aplikasi PENA BERKAH demi memudahkan pemantauan pembangunan khususnya di bidang pendidikan.

Hingga saat ini partisipasi sekolah-sekolah masih banyak yang belum mengisi. Saya memberikan apresiasi untuk beberapa sekolah yang cukup lumayan banyak sudah mengisi dan mengoptimalkan aplikasi PENA BERKAH tersebut," Reza mengatakan saat jumpa pers dengan awak media , di kantor dinas pendidikan Provinsi Kalteng, Rabu (7/2/2024).

Dalam konteks luasnya wilayah Kalimantan Tengah, aplikasi ini diharapkan dapat membantu mengatasi tantangan geografis dan mendukung pengambilan keputusan untuk perencanaan pembangunan ke depan. 

Kepala dinas itu juga mengajak guru-guru untuk saling bekerja sama dalam memberikan informasi terkait kondisi fisik sarana dan prasarana di sekolah agar aplikasi PENA BERKAH dapat berjalan secara optimal. 

Dengan penerapan yang optimal, Reza menyatakan bahwa hal ini dapat berdampak pada peningkatan alokasi anggaran untuk pendidikan, seperti yang terlihat dari tambahan anggaran sebesar 53 milyar untuk SMK/SMA/SLB se-Kalteng pada tahun 2024.

Selain itu Reza juga mengapresiasi kerjasama dari berbagai pihak, termasuk pengawas, kepala sekolah, tenaga administrasi, dan guru, yang telah berperan dalam kesuksesan penerapan aplikasi PENA BERKAH. 

"Hal ini merupakan apresiasi untuk kita semua, karena hasil kerjasama kita semua, kita harus kompak, jadi jargon dulu Kompak Berkah bukan hanya sekedar jargon saja, tetapi memang betul-betul itu merupakan semangat yang harus kita laksanakan," Tutup Reza.

 

(Era Suhertini)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments