Kalteng

Awasi Kegiatan Illegal Fishing di Sungai Seruyan

FOTO: GIYA/HUMA BETANG
ANGOOTA DPRD SERUYAN BEJO RIYANTO

KUALA PEMBUANG - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan Bejo Riyanto, meminta kepada pihak terkait untuk memperhatikan masalah perikanan terutama illegal fishing yang masih terjadi di wilayah bantaran sungai. Ia meminta agar bisa dilakukan pengawasan serta penindakan yang tegas pada para pelaku supaya tidak lagi mengulangi perbuatannya.

"Kegiatan illegal fishing sangat mengganggu serta merusak habitat ikan, hal ini harus segera diatasi karena sangat merugikan. Ikan di sungai akan musnah bila tetap dilakukan, makanya dibutuhkan  pengawasan oleh pihak-pihak terkait untuk mengatasi masalah ini,” katanya, Selasa (4/8).

Menurutnya, cara menangkap ikan dengan cara meracun dan menyetrum akan berakibat buruk bagi populasi perikanan, karena kegitan itu ilegal makanya dilarang di dalam peraturan yang berlaku. Sebab perbuatan tersebut akan mengakibatkan kepunahan habitat ikan dan mahluk hidup di kawasan sungai, dan anak sungai tempat penangkapan iklan illegal ini dilakukan.

Bejo mengatakan bahwa sebagian besar mata pencaharian masarakat bantaran sungai Seruyan adalah nelayan atau menangkap ikan yang masih bergantung dari sungai-sungai yang ada, dihawatirkan bila kegiatan illegal fishing tidak diawasi akan berakibat terganggunya perekonomian keluarga yang masih bergantung pada hasil tangkapan ikan yang berada di sungai tersebut.

"Saya berharap pada masyarakat tidak melakukan kegiatan illegal fishing karena masih banyak masarakat yang menggantungkan hidupnya dengan mencari ikan di wilayah bantaran sungai, jadi itu juga harus dipikirkan agar tidak sesukanya dalam mengambil hasil sungai dengan cara yang ilegal " tuturnya.

Diapun menambahkan bahwa yang lebih penting lagi adalah pengawasan dari warga setempat untuk mengatasi kegiatan illegal fishing tersebut, dengan kerja sama yang baik maka kegiatan pelanggaran dalam menangkap ikan di sungai akan bisa diatasi.

"Jangan takut melaporkan pada pihak yang berwajib, bila melihat kegiatan orang menangkap ikan dengan cara meracun atau menyetrum ini demi menjaga habitat alam yang asri dan sebagi sumber penghidupan warga sekitar bantaran sungai," pungkasnya.

 

(Giya/Altius)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments