Kalteng

Babinsa Koramil 1013-16 , Sungai Babuat Menghadiri Kegiatan Sosialisasi Edukasi Bencana di Desa Tumbang Bantian

PURUK CAHU- Babinsa Koramil 1013-16,Sungai Babuat Sertu Sumardi, menghadiri Kegiatan Sosialisasi, Komunikasi, Informasi dan Edukasi (Soskom Infoeduk) Rawan Bencana tahun 2023, di Kec. Sungai Babuat, Desa Tumbang Bantian, Kab. Murung Raya, Kamis (16/03/2023).

Kegiatan dihadiri oleh, Kasi Pembangunan Kecamatan Sungai Babuat a.n. Atak Muliadi, Kabid Pemadam Kebakaran dan Bencana Alam BPBD Kab.Murung Raya a.n. Atthur Malik, Kepala Desa Se Kecamatan Sungai Babuat, Babinsa Koramil 1013-16,Sungai Babuat Sertu Sumardi,  Ketua BPD Se Kecamatan Sungai Babuat, staf Kecamatan Sungai Babuat.

Kegiatan dibuka oleh Kasi Pembangunan Kecamatan Sungai Babuat a.n. Atak Muliadi dan dilanjutkan pemberian materi sosialisasi oleh Kabid Pemadam Kebakaran dan Bencana Alam BPBD Kab. Murung Raya a.n. Atthur Malik yang  menjelaskan tentang sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana  di wilayah kecamatan Sungai Babuat.

Selain sosialisasi , acara dilanjutkan dengan  membentuk relawan bencana di desa yang diwakili oleh  linmas di masing-masing desa se kecamatan Sungai Babuat untuk  menghadapi bencana saat musim hujan dan melakukan langkah awal dalam pencegahan bencana alam saat musim hujan seperti perbaikan drainase dan pemotongan pohon yang rawan tumbang.

Dari pihak BPBD Kabupaten Murung Raya melalui Tim Respons Cepat BPBD juga akan membantu sehingga kedepannya masyarakat lebih waspada terhadap potensi bencana. Terutama yang daerahnya rawan banjir dan longsor ,seperti ada pohon-pohon besar yang berpotensi tumbang, agar dilaporkan.

Babinsa Koramil 1013-16, Sungai Babuat Sertu Sumardi, menjelaskan dalam menghadapi ancaman bencana banjir saat musim hujan, perlu dilakukan kerja bhakti seperti pembersihan selokan, serta saluran air di lingkungan masing-masing, upaya ini dilaksanakan untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi di musim penghujan.

Untuk meminimalisur bencana dan korban ,beliau juga menghimbau kepada warga masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap pohon pohon di sekitar rumah yang kondisinya sudah tua dan lapuk agar ditebang untuk mencegah  pohon tumbang di saat musim hujan serta angin kencang.

(Mardedi/Syarbani)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments