Katingan

Banggar DPRD Katingan Dorong SOPD Inovatif Kelola PAD

KATINGAN – Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan minta Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) lebih inovatif dalam mengali dan mengembangkan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hal ini disampaikan Banggar DPRD yang dibacakan Rudi Hartono saat Rapat Paripurna tentang hasil rapat Banggar DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), dimanah DPRD meminta, Pemerintah Daerah lewat SOPD lebih inovatif mengali potensi yang ada, pasalnya Katingan memiliki sumber-sumber PAD tetapi belum dimaksimalkan.

“Yang dibutuhkan adalah inovatif dari SOPD, karena Kabupaten Katingan memiliki potensi PAD,” Ungkap Rudi Hartono, Kamis (31/08/2023).

Hal serupa diungkapkan Wakil Ketua Satu Nanang Suriansyah, katanya Pemda jangan hanya berpatokan pada pendapatan wajib tetapi melalui OPD harus ada inovatif untuk menemukan dan mengembangkan sumber-sumber PAD.

“Contoh untuk pendapatan dari sisi pariwisata, gali semua potensi yang bisa dikembangkan untuk pariwisata dan kelola secara baik sehingga mendatangkan pengunjung,” Tuturnya. 

Bahkan pengelolaan hotel, bisa mendatangkan PAD, pasalnya Pemda memiliki banyak agenda kegiatan seperti pelatihan, seminar. 

“Kalau ada pelatihan, seminar yang kita datangkan pembicara, sedangkan peserta dari kecamatan-kecamatan bisa menginap di hotel, ini pasti memberikan kontribusi untuk PAD,” Tandasnya.

 

(Novryanto)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments