Barut

Banjir Meluas Bank Kalteng Salurkan Bantuan

MUARA TEWEH - Luapan air sungai Barito masih meninggi dan banjir nampaknya meluas hingga menggenangi tujuh Kecamatan di Kabupaten Barito Utara. Selain itu ribuan rumah warga di pinggiran sungai Barito terendam banjir selama beberapa hari ini. Bahkan pusat bisnis kota Muara Teweh, juga tak luput dari luapan air sungai Barito.

Sekretaris Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kabupaten Barito Utara, Muhammad Yusup, Jumat (19/1/2024) mengatakan, nampaknya air semakin meninggi hingga sore ini.

Menurut Muhammad Yusup,  data sementara perkampungan warga yang direndam banjir untuk Lahei Barat ada 11 Desa, Lahei 7 Desa,  Teweh Tengah 5,  Teweh Baru 4, Teweh selatan 4, Montallat 10 dan Gunung Timang 2 Desa dan jumlah keseluruhan 43 Desa dan Kelurahan.

Sedangkan jumlah kepala.keluarga yang terkena banjir 11.745, dan warga  yang tertimpa banjir berjumlah 40.067 jiwa. Selian itu rumah warga yang direndam banjir 7.247 buah dan fasilitas umum 104 buah, baik sekolah dan rumah ibadah serta lainnya.

Dikatakannya, pihaknya juga telah menerima bantuan untuk disalurkan kepada warga yang tertimpa banjir berupa bahan makan.

"Bantuan ini baru kita terima dan bank Kalteng dan secepatnya kita salurkan kepada warga,"kata M.Yusup.

Pemimpin Bank Kalteng Cabang Muara Teweh, Citra Deny saat penyerahan bantuan di kantor BPBD mengatakan, bantuan yang diserahkan 50 doz mi instan, air mineral 50 doz, beras dan juga biscuits.

Citra Deny menambahkan, bantuan yang diserahkan untuk korban banjir bukti kepedulian kepada masyarakat yang sedang ditimpa musibah banjir.

"Bantuan ini mungkin bisa meringankan beban warga kita yang terdampak banjir dan bantuan ini langsung kita serahkan kepada badan penanggulangan bencan daerah,"pungkasnya.

 

(Syarbani)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments