P. Raya

Banjir merendam Pasar Tradisional Kahayan Di Palangkaraya

PALANGKA RAYA - Banjir yang melanda di kota palangkaraya, Kalimantan Tengah mengakibatkan salah satu tempat aktivitas roda perekonomian di Pasar Tradisional Kahayan di jalan mendawai, kelurahan Palangka, Jekan raya mengalami lumpuh total. Bahkan sejumlah pedagang harus menutup toko dan dagangannya lebih awal.

Pasar Tradisional Kahayan mengalami lumpuh total akibat meluapnya air Sungai Kahayan yang kini telah merendam pemukiman warga di jalan Mendawai kota Palangkaraya Kalimantan Tengah, Selasa pagi, 16 November 2021. 

Tingginya intensitas curah hujan menyebabkan debit air naik yang saat ini sudah merendam di sekitaran depan gedung pasar tradisional Kahayan setinggi betis orang dewasa, bahkan luapan air pun turut naik hingga dalam toko bangunan. 

Akibat banjir tersebut aktivitas jual beli di gedung Pasar tradisional Kahayan mulai terganggu dan lumpuh total. Sehingga sejumlah pedagang pun memilih menutup tokonya, namun ada yang masih bertahan dengan dagangannya.

Salah seorang pedagang, Muin mengatakan kondisi Pasar tradisional Kahayan saat ini mengalami kebanjiran. Ia mengaku baru kali pertama merasakan dampak banjir separah ini dalam puluh tahun berdirinya gedung Pasar tradisional Kahayan. 

Hingga saat ini ketinggian air di kawasan komplek jalan Mendawai dan sekitarnya mengalami kenaikan mencapai satu meter di beberapa titik lokasi terdalam.

 

(Surya Adi Winata)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments