P. Raya

Banjir, warga Sabaru harapkan perhatian pemerintah

PALANGKA RAYA - Hujan deras beberapa hari kemarin menyebabkan banjir di perumahan Mutiara Regency jalan Pasendeng ujung kelurahan Sabaru kecamatan Sabangau kota palangka raya, sebanyak 90 rumah terendam air. Aktifitas dan kesehatan warga terganggu.

Tingginya intensitas curah hujan beberapa hari ini menyebabkan banjir di hampir seluruh kelurahan yang ada di kota Palangka raya. Salah satunya kelurahan Sabaru kecamatan Sabangau tak luput dari banjir yang menggenangi kurang lebih 90 rumah warga di komplek perumahan Mutiara Regency jalan Pasendeng ujung kelurahan Sabaru.

Anto salah satu warga komplek mengatakan, perumahan ini sudah 3 kali mengalami banjir dalam beberapa bulan terakhir, namum baru kali ini air naik sampai  merendam lantai rumah seluruh warga.

Koordinator lingkungan Mutiara Regency,Didik, mengatakan, tingginya air sudah mencapai lutut orang dewasa pada hari ini senin 15/11/2021 dan sudah berlangsung selama 5 hari dan kelihatannya masih naik terus.

Penyebab banjir,selain tingginya curah hujan, lahan perumahan yang memang rendah, serta tertutupnya parit oleh lebatnya rerumputan dan pendangkalan dasar parit oleh pasir tanah, juga disebabkan belum adanya gorong gorong untuk meneruskan parit yang ada. Didik berharap ada perhatian pemerintah untuk membantu masalah banjir di perumahan ini secepatnya.

Berdasarkan laporan warga, Ketua Rt 02/Rw 2 kelurahan Sabaru sudah melakukan koordinasi ke pihak kelurahan supaya warga berdampak bisa mendapatkan bantuan karena warga sangat khawatir air semakin meninggi serta tidak tau harus mengungsi kemana.

Lurah Sabaru Ahmad Junaidy. SE melalui Fungsional Umum Kelurahan Sabaru, Albinus Wirakandi,SH yang langsung ke lokasi banjir,mengatakan segera melaporkan dan menindaklanjuti laporan keluhan warga kepada unsur pimpinan terkait serta berharap banjir ini bisa secepatnya surut.

 

(Altius)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments