P. Raya

Bank Indonesia Temu Media Menggelar Kembali BBI, BBWI Dengan Pesona Tambun Bungai.

PALANGKA RAYA  - Temu Media Bank Indonesia Kegiatan Pesona Tambun Bungai ,The Creatiobln Of Central Borneo , Bertempat Di Cafe Lasari, Palangka Raya, Jumat(9/8/2024). Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalteng (BI) Yuliansah Andrias mengatakan, Dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan mempromosikan produk lokal, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Tengah kembali menyelenggarakan festival UMKM Pesona Tambun Bungai 2024.

Agenda tahunan dan flagship program Bank Indonesia Kalteng ini akan berlangsung selama empat hari, mulai tanggal 14 hingga 17 Agustus 2024 berlokasi di GPU Tambun Bungai. Sebagai program unggulan, Pesona Tambun Bungai secara konsisten menjadi wadah untuk mempromosikan beragam produk unggulan UMKM Kalimantan Tengah, sekaligus mendukung pengembangan sektor pariwisata.

“Setelah  sempat berkolaborasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah pada kegiatan Kalteng Expo X Road to Pesona Tambun Bungai, pada puncak acara PTB kini kembali turut bersinergi mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI) merupakan agenda tahunan. Tahun 2024 Kalimantan Tengah,"Jelasnya.

Lebih lanjut Yuliansah mengatakan, kembali ditetapkan sebagai lokasi harvesing GBBI dan GBWI dengan Kementerian Kesehatan sebagai co-host agenda tersebut. Kolaborasi tersebut diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, mendorong akses pasar dan meningkatkan akses keuangan UMKM, membangkitkan potensi wisata daerah, serta mendorong perluasan keuangan digital melalui implementasi transaksi pembayaran non tunai. 

Akhkim Kuncorojati, Ekonomi BI Kalteng mengatkan, Selama empat hari penuh, mulai dari Rabu, 14 Agustus hingga Sabtu, 17 Agustus 2024, GPU Tambun Bungai, Kota Palangka Raya akan menjadi pusat perhelatan Pesona Tambun Bungai. Acara ini menyajikan beragam kegiatan menarik, mulai dari talkshow inspiratif, pameran produk UMKM yang kaya akan kekhasan Kalimantan Tengah, sesi edukasi yang bermanfaat, hingga peluang bisnis melalui business matching. Tak ketinggalan, perlombaan-perlombaan seru dan penampilan spesial dari artis ibu kota, Budi Doremi, akan semakin memeriahkan suasana.

Pesona Tambun Bungai 2024 resmi dibuka dengan meriah, menggabungkan acara Harvesting GBBI dan GBWI Kalimantan Tengah. Malamnya, suasana semakin semarak dengan hiburan rakyat di Stadion Sanaman Mantikei.

Sementara ditempat yang sama Tazkkiyah Nafs El Hawwa Analis Yunior UMKM menyampaikan,  Kamis, 15 Agustus 2024, beragam aktivitas menarik siap digelar.  Pertama, adalah  Gelaran Pasar Murah bersama BULOG yang dimulai pukul 9 pagi selama dua hari. Selanjutnya, akan dilanjutkan dengan kegiatan Diseminasi Ekonomi bertajuk ”Central Borneo Economic Revival: Mendorong Hilirisasi Berbasis Sumber Daya Alam Melalui Kebijakan dan Pembiayaan” dengan mengundang narasumber dari Bank Mandiri, Kementerian Perindustrian RI, dan Bappedalitbang Prov. Kalteng dengan tujuan untuk menginformasikan perkembangan ekonomi terkini Kalteng.  Menjelang siang, terdapat talkshow menarik bertajuk Masterclass: Strategi Fundamental Go Export yang menghadirkan narasumber ahli yang akan berbagi tips dan trik menembus pasar ekspor,"Jelasnya.

Nurlaily Setyasari Kepala Seksi Kehumasan menambahkan, Kegiatan pada hari tersebut ditutup dengan gemerlap pesona wastra Kalimantan Tengah pada kegiatan Lomba Fahion Show Tabela Tangka Kena di malam hari, Jumat, 16 Agustus 2024, Pesona Tambun Bungai.

Semakin seru dengan beragam kegiatan. Mulai dari talkshow di lokasi pameran UMKM yang disiarkan langsung melalui Instagram berjudul ”Bincang Hayak Itah”, menemukan inspirasi usaha melalui lomba inovasi usaha ”Citra Puga”. Selain itu, terdapat live shopping seru dengan tema "Hayu Bapili hong PTB", pengunjung diajak untuk berbelanja produk-produk UMKM lokal. 

“Puncak acara Pesona Tambun Bungai 2024 akan digelar pada 17 Agustus 2024 dengan Lomba Melukis Batik "Coretan Benang Bintik". Acara ditutup meriah dengan closing bersama penampilan spesial dari artis ibu kota, Budi Doremi. Berbagai kegiatan perlombaan akan di adakan, "Tutupnya.

Kegiatan dihadiri Oleh, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kalteng Yuliansah Andrias, beserta Jajaran BI, dan semua media yang Ada Di Palangka Raya, baik cetak,  on line, elektronik Maupun TV, PWI dan IJTI.


(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments