Nasional

Isi Pelatnas Tim Pilkada PDIP, Ganjar Bahas dan Diskusikan Cara Lawan Kotak Kosong*

BOGOR - Ketua DPP PDIP Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo mengungkapkan cara melawan kotak kosong dalam ajang Pilkada 2024. Ganjar mendorong agar dicarikan lawan guna mencegah munculnya fenomena melawan kotak kosong di Pilkada tahun ini. 

Hal tersebut disampaikan Ganjar dalam Pelatihan Nasional (Pelatnas) Tim Pemenangan Pilkada 2024 PDIP Gelombang Keempat pada Jumat (9/8/2024) di Hotel Seruni, Cisarua, Bogor, Jawa Barat dengan mengambil tema Bangkit Bergerak Menang.

Ganjar mulai mengisi materi sekitar pukul 20.30 WIB dengan dipandu oleh caleg DPR RI terpilih Denny Wahyudi atau Denny Cagur. Selanjutnya, Ganjar ditanyai oleh kader PDIP Resiala Busu yang berasal dari Sulawesi Utara. 

"Yang menjadi tantangan di daerah saya untuk menghadapi Pilkada 2024, kami akan kemungkinan melawan kotak kosong. Makanya sampai sekarang kami kepikiran mohon diberikan tips jangan sampai terjadi seperti di Makassa?" tanya Resiala kepada Ganjar dalam kesempatan itu. 

"Cariin lawan saja," jawab Ganjar. 

Ganjar menyebut kotak kosong memang merupakan dari suara rakyat. Tapi Ganjar khawatir adanya rekayasa supaya kotak kosong terjadi, hingga hanya satu-satunya paslon yang maju yang jadi pemenang. 

"Iya cariin lawan saja. Kalau kotak kosong itu adalah suara rakyat dan teman -teman mendengarkan langsung dari rakyat Itu yang saya inginkan tanpa rekayasa nggak ada kekhawatiran pasti menang. Yang terjadi di Makassar waktu itu kan karena ada rekayasa," ujar Ganjar. 

Ganjar juga mengajak tim pemenangan PDIP menghimpun kekuatan. Sehingga mereka nantinya dapat menyerap suara rakyat. 

"Kalau sudah seperti itu sebenarnya ada persoal an, tinggal mengkonsolidasikan kekuatan; dengarkan suara rakyat, kasih tahu apa yang terjadi ya, nggak sulit," ujar mantan Gubernur Jawa Tengah itu. 

Selain itu, Ganjar menyinggung adanya potensi melawan kotak kosong di Pilkada Jakarta 2024. Namun Ganjar menegaskan PDIP tetap berdaulat, walau nantinya hanya ada satu paslon di Pilkada Jakarta 2024.

"Saya kira hari ini teman -teman sedang mengikuti apa yang terjadi di Jakarta toh, akan bisa berhadapan juga dengan kotak kosong. Tapi, kalau tadi saya ditanya kawan -kawan media, satu aja problem. Karena kedaulatan partai-partai habis kecuali PDI Perjuangan," ucap Ganjar yang disambut tepuk tangan meriah. 

Dalam kegiatan itu dihadiri pula oleh Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua Tim Pemenangan Pilkada Nasional 2024 PDIP, Adian Napitupulu, Wakilnya Mustar Bomaventura, Sekretaris Aria Bima, serta jajaran pengurus Tim Pemenangan Pilkada Nasional 2024.

Sementara, ratusan peserta yang hadir dalam pelatihan gelombang ini terdiri dari jajaran serta fungsionaris Partai di tingkat DPD, DPC, Ranting dan Anak Ranting yang bakal menjadi tim pemenangan calon kepala daerah dari PDIP. Acara dibuka dengan panji-panji Partai serta menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza.

Untuk diketahui, sejumlah tokoh senior partai akan mengisi acara pelatihan seperti Pramono Anung, Ganjar Pranowo, Bambang Wuryanto, Panda Nababan, Iwan Setiawan, Bonnie Triyana, hingga Eep Saefulloh Fatah.

Ketua Tim Pemenangan Pilkada Nasional 2024 PDIP, Adian Napitupulu,mengatakan pelatihan ini harus bermanfaat untuk pembelajaran demi memenangkan Pilkada 2024.

“Kami berharap teman-teman yang hadir menyia-nyiakan acara ini. Kalau disia-siakan, maka yang disia-siakan adalah dana gotong royong dari masing-masing calon kepala daerah,” ungkap Adian.

(Samhadi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments