P. Raya

Bantuan Gabungan Dampak Banjir Kabupaten Murung Raya

PALANGKA RAYA - Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng M. Katma F. Dirunmelepas Bantuan Tim Gabungan Pemerintah Provinsi Kalteng membantu tangani dampak banjir di Kabupaten Murung Raya yang sudah terjadi sejak tanggal 15 Oktober lalu, bertempat di Halaman Kantor Gubernur Provinsi Kalteng, Minggu (20/10/2024).

Katma F. Dirun mengatakan kepada awak media, saat ini di Kabupaten Murung Raya ada 33 kelurahan/desa pada 6 kecamatan yang terkena musibah banjir, yakni Kecamatan Laung Tuhup 8 kelurahan/desa, Seribu Riam 2 desa, Permata Intan 6 kelurahan/desa, Sumber Barito 9 kelurahan/desa, Murung 14 kelurahan/desa, dan Barito Tuhup Raya 1 desa.

Sedangkan di Kabupaten Barito Utara wilayah terdampak banjir sebanyak 6 kelurahan/desa pada 4 kecamatan, yaitu Kecamatan Lahei 2 kelurahan, Lahei Barat 2 desa, Teweh Baru 1 desa, dan Teweh Tengah di Muara Teweh, serta wilayah terdampak banjir di Kabupaten Pulang Pisau terdapat 1 desa di Kecamatan Banama Tingang.

Sehingga total jumlah terdampak banjir 3 Kabupaten, 11 Kecamatan di 46 kelurahan/desa, sebanyak 1.351 kk atau 2.320  jiwa, untuk fasilitas umum terdampak 17 unit dan bangunan rumah 1.473 unit, dengan ketinggian muka air mencapai 8,95 meter.

Katma F. Dirun menyampaikan  Gubernur Kalteng sudah berkomitmen bahwa ketika ada musibah yang menimpa rakyat maka Pemerintah Provinsi harus hadir untuk membantu rakyat Kalteng, yang  mengalami musibah tersebut, berkaitan dengan itu, dan sesuai arahan bapak Gubernur maka tim reaksi cepat berangkat mendahului, dengan membawa berbagai peralatan yang diperlukan seperti perahu boat bermesin, tenda pengungsian, dapur umum, tenda pembatas antara yang berkebutuhan khusus dengan yang masih sehat, serta paket logistik juga dibawa langsung secara personil, besok tim yang berangkat ke daerah Murung Raya akan bertambah dan sebagian ke Barito Utara, ditambah dengan tim kesehatan.

Sementara ditempat yang sama Kalaksa BPBPK Ahmad Toyib saat diwawancarai menyebutkan, tim pendahulu ini membawa logistik berupa sembako sebanyak 1000 paket untuk mensuplai dapur umum, dan sebagian diarahkan langsung untuk korban banjir, tim yang berangkat kali ini terdiri dari BPBPK, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial.

Selain itu, tim reaksi cepat hari ini melakukan analisa di lapangan, apa saja dan di mana saja titik yang membutuhkan bantuan dan dari hasil analisa tersebut, tim akan diturunkan kembali besok dengan membawa logistik yang lebih besar sesuai kebutuhan di sana.

Ia menjelaskan, sesuai hasil laporan sementara hampir seluruh DAS Barito khususnya di daerah Murung Raya terkena imbas banjir terutama yang berada di pinggiran sungai, untuk itu pihaknya tetap memantau dan melakukan kaji cepat, supaya terpantau langsung kondisi di sana dan setiap saat terus dilakukan koordinasi dengan BPBD setempat.

Menurut Toyib, berdasarkan pengalaman bencana banjir yang terjadi di awal tahun 2024, saat itu Pemerintah Provinsi sudah memberikan bantuan lebih kurang 65 ribu paket yang sudah disalurkan khususnya di DAS Barito. Sebagaimana pengalaman tersebut, biasanya setelah dari Murung Raya, air akan turun ke Barito Utara, bahkan mungkin ke Barito Selatan dan Barito Timur, sehingga antisipasi tetap dilaksanakan dalam bentuk koordinasi dengan kabupaten yang akan dilalui oleh turunnya air dan sudah diimbau supaya segera bersiap-siap menghadapi bencana banjir yang biasanya akan turun secara otomatis ke daerah tersebut”, ucapnya.

Pj. Bupati Murung Raya Hermon saat kami  konfirmasi melalui telepon melaporkan, kondisi air pada saat ini sudah terjadi penurunan di bagian hulu, tepatnya di Joloi sekitar satu meter lebih dan jika beberapa hari ke depan tidak ada hujan maka air akan menurun, tapi kalau ada hujan air akan meningkat, nanti pada bagian hilir di Puruk Cahu dan sekitar air akan naik, dan bertahan cukup lama seperti yang terjadi sebelumnya pada awal tahun yang lalu.

Lebih lanjut ia mengatakan, upaya yang sudah dilakukan yaitu drop beras, selain itu juga sudah menyurati dinas/badan, perusahaan dan perbankan untuk men-support dapur umum dan di semua kecamatan ada dapur umum, dan logistik. 

“Sedangkan untuk desa-desa yang jauh, dilakukan droping beras dan kebutuhan lainnya, dan kami berharap, pada hari Senin tim dari Pemerintah Provinsi bisa bergabung bersama-sama untuk turun langsung melihat kondisi di lapangan,"Jelasnya.

Kegiatan dihadiri  oleh, Plt. Sekda Provinsi Kalteng Katma F.Dirun, Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalteng Edy Karusman, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng dr. Suyuti, dan Jajaran BPBPK Provinsi Kalteng. 

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments