Barut

Barito Utara Ikuti Lomba Perahu Hias

MUARA TEWEH - Pemerintah Kabupaten Barito Utara antusias mengikuti lomba perahu hias, kegiatan ini dalam rangka memeriahkan kegiatan Festival Budaya Isen Mulang tahun 2024 yang dilaksankan di Kota Palangkaraya, Senin (20/5/2024) Adapun beberapa rangkaian kegiatan dilaksanakan di pelabuhan Flambayon Kota Palangkaraya. 

Kegiatan lomba perahu hias kali ini diikuti Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Tengah yang dibuka secara resmi oleh Plh.Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Propinsi Kalimantan Tengah Herson Aden.

Kadis Budparpora Kabupaten Barito Utara  Hj.Annisa Cahyawati meyampaikan hal ini bertujuan untuk meningkatakan bidang pariwisata serta menumbuhkan rasa kecintaan terhadap budaya yang ada di Kalimantan Tengah.

"Adapun tema yang dibawa Kabupaten Barito Utara tradisi potong hompong tradisi ini yaitu peyambutan tamu yang baru saja menginjakan kaki di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan yang biasanya dilakukan oleh masyarakat suku dayak Kabupaten Barito Utara.

Menurutnya, potong hompong diperuntukan sebagai penghormatan kepada tamu sekaligus kilas balik peninggalan nenek moyang yang terus dilestarikan dengan semboyan daerah Iya Mulik Bengkang Turan.

(Syarbani)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments