Barsel

Barsel Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana

BUNTOK – Setelah mengalami bencana alam seperti tanah longsor dan angin puting beliung, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan (Barsel) menetapkan status menjadi tanggap darurat bencana diberlakukan selama 25 hari, mulai 25 Januari sampai 18 Februari 2023. Demikian disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Barsel, Alip Suraya, Senin 30 Januari 2023.

Sebelumnya, tanah longsor atau abrasi terjadi di Desa Baru, Muara Talang, Desa Penda Asam, dan di Jalan Karau. Dari kejadian tersebut terdata 7 rumah warga yang mengalami kerusakan serta 127 rumah terancam. Di Desa Danau Harapan, rumah-rumah lanting dihantam angin puting beliung. “Dalam rapat tersebut, kami juga menyepakati akan memberikan bantuan khusus bagi warga terdampak musibah,” sebut Alip.

akan segera melaksanakan rapat kembali untuk menentukan jenis bantuan yang tepat, “Contohnya di Desa Danau Harapan, yang rumahnya terkena bencana puting beliung ranah bantuannya di Dinas Perkimtan. Menyesuaikan,” sebut Alip. “Kami hanya komando dan koordinator serta menetapkan status. Tindak lanjutnya di instansi terkait, contohnya seperti COVID-19 bantuannya di Dinas Kesehatan,” lanjutnya menjelaskan. 
 

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments