Barsel

Pemkab Barsel Siap Suksesnya Pemilu 2024

BUNTOK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan (Barsel) siap mensukses-kan penyelenggaraan Pemilu 2024. Hal ini diungkapkan oleh Pj Bupati Barsel, Lisda Arriyana.

“Setelah terbentuk PPK, kami telah memfasilitasi dengan sekretaris di masing-masing kantor kecamatan. Kami juga telah menugaskan 1 sekretaris dan 2 staf ke sekretariat PPK untuk memberikan dukungan teknis pelaksanaan tugas PPK,” ucap Lisda, Rabu 25 Januari 2023.

Tak hanya itu, pihaknya juga bergerak cepat memerintahkan Kades dan Lurah untuk memfasilitasi dengan memberikan penugasan staf dan sekretariat di kantor Desa. Ia juga menginstruksikan kepada Kades dan Lurah agar berkoordinasi dengan PPS dalam hal mempersiapkan pegawai Desa/Kelurahan untuk ditugaskan sebagai tenaga pendukung sekretariat PPS. “Fasilitasi itu salah satu wujud komitmen dan dukungan agar seluruh tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024 berjalan lancar,” jelas dia.

Menurutnya, pemilihan umum adalah  pesta demokrasi bagi rakyat, serta merupakan perwujudan dari kedaulatan berada ditangan rakyat untuk menentukan pemimpin di setiap tingkatan dalam lima tahun ke depan. Hal ini, sambung dia, merupakan tugas dan tanggung jawab kolektif dari seluruh komponen agar pemilu tahun 2024 di Barsel berlangsung dengan aman, lancar  dan kondusif. Karena sukses penyelenggaraan Pemilu tidak hanya dinilai dari segi prosedural semata, tetapi juga dari sisi substansial. Kesuksesan secara prosedural apabila seluruh tahapan dapat dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan dan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan taat terhadap peraturan perundang-undangan yang ada.

Sukses secara substansial, apabila pelaksanaan pemilihan umum tahun 2024 meng- hasilkan pemimpin yang aspiratif yang mampu membawa kemakmuran dan kesejahte-raan bagi masyarakat, serta memiliki legitimasi yang kuat dalam masyarakat. “Artinya dukungan dan peran serta dari semua pihak dalam mensukseskan pesta demokrasi pada pemilu 2024 sangat dibutuhkan,” pungkas Lisda.
 

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments