Sosial

Batamad Silaturahmi ke Disbudpar

PALANGKA RAYA - Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak (Batamad) Kalimantan Tengah (Kalteng), bertandang ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalteng. Silaturahmi ini pun menyambut hangat Kepala Disbudpar Kalteng Guntur Talajan, sembari membawa segelas minuman tradisional tuak sebagai tanda menyambut ramah, sebelum memulai kegiatan, pada Jumat (10/7) lalu.
Dalam kunjungan silaturahmi, komunikasi dan koordinasi oleh kedua belah pihak ini selesai di dalam konteks cair dan hangat. Dalam diskusi, yang juga diselingi tanya jawab, Guntur Talajan pun menyerahkan buku tentang sejarah Kalimantan Tengah, kepada Ketua Umum Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak Kalteng Yuandrias.
Kita berharap silaturahmi antara Batamad dan dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Provinsi Kalteng ini, kedepannya akan menghasilkan kerja sama yang baik, kata Guntur Talajan.
Dalam kesempatan itu, Guntur juga membahas masalah wisata dan budaya yang membuat wisatawan datang berkunjung, namun juga masalah keamanan. Selama ini pula, masalah keamanan di areal wisata tidak hanya menjadi tanggung jawab pengelola saja. Tapi ada keamanan pemerintah dalam hal ini Barisan Pertahanan Masyarakat Dayak (Batamad). Kerjasama yang terjalin, semakin memperrkuat falsafah Huma Betang di Kalteng yang selama ini menjadi pegangan bagi siapa saja yang tinggal dan hidup di Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila.
Seusai kegiatan silaturahmi dan diskusi berjalan lancar, kegiatan ditutup dengan menari bersama diiringi lagu daerah dilengkapi dengan petikan alat musik kacapi.

(A/JJ)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments