Barut

Beberapa Desa Di Kecamatan Teweh Timur Dilanda Banjir

MUARA TEWEH -  Beberapa Desa di Kecamatan Teweh Timur,Kabupaten Barito Utara, dilanda banjir, sejak pagi Sabtu (8/5/2023). Tiga desa tersebut diantaranya Benangin I, Benangin II dan Benangin V yang notabene berada di ibu kota Kecamatan.

Dari Informasi yang berhasil dihimpun kedalaman air di wilayah desa tersebut bervariasi antara 1,5 meter hingga mencapai 2 meter.Akibat dari banjir tersebut ratusan rumah terendam. Bahkan jembatan untuk akses juga tak luput dari terjangan banjir.

Juandi warga setempat mengatakan, banjir sejak tadi malam, namun siang ini keadaan air tambah naik. Akibatnya warga ɓanyak yang mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Juandi juga mengungkapkan, naiknya air hingga siang ini akibat dari tingginya curah hujan dari hulu sungai sejak kemarin sehingga air naik dengan cepat hingga merendam perumahan  dan kebun warga sekitar.

"Jalan lintas provinsi juga direndam banjir. Dan jembatan juga ikut direndam banjir,"kata Juandi.

Juandi juga berharap air cepat surut dan normal kembali, karena banjir juga menghentikan warga beraktivitas untuk mencari nafkah seperti ke ladang dan menyadap karet.

" Sebagian besar warga di sini adalah petani. Kalau kebun dan ladang ikut terendam, maka aktivitas mencari nafkah terhambat,"pungkasnya.

(Syarbani)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments