Katingan

Beras Pagatan Bersaing di Pasar dengan Mutu dan Kualitas Unggul

KATINGAN - Melimpahnya hasil panen padi di Kecamatan Katingan Kuala sangat mengesankan. Hasil panen tersebut tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Katingan, tetapi juga menghasilkan surplus setiap tahun.Yudea, salah satu anggota DPRD Kabupaten Katingan mengungkapkan hal tersebut.

Selasa 05/09/2023, Ia mengatakan," karena Kecamatan Katingan Kuala menjadi penyumbang terbesar beras di wilayah ini, diikuti oleh Kecamatan Mendawai. jadi bukan hal yang mustahil komoditi beras Pagatan dapat bersaing dengan merek beras dari daerah lain yang beredr dipasaran saat ini," ungkapnya.

Untuk itulah penting menjaga kualitas dan harga beras stabil, agar mampu bersaing dipasar beras. Selama ini, kelebihan hasil panen yang mencukupi kebutuhan lokal juga memungkinkan penjualan kepada pedagang di luar daerah. Yang tentunya akan berdampak menaikkan pendapat perekonimian masyarakat itu sendiri.

"Kualitas beras, tingkat kebersihan, dan kemasannya harus menarik konsumen untuk memilihnya. Selain itu, harga gabah yang dihasilkan oleh para petani cukup menguntungkan," jelasnya.

Yudea juga menggarisbawahi pentingnya mengemas beras secara siap jual. Ini akan meningkatkan keuntungan lebih jauh daripada menjual gabah mentah.

Lebih jauh lagi, jika produk beras Katingan dapat memperkenalkan merek atau brand yang kuat, hal ini akan menjadi sumber kebanggaan. Katingan, dengan statusnya sebagai salah satu produsen beras terbesar di Kalimantan Tengah setelah Kapuas dan Pulang Pisau, memiliki potensi besar untuk bersaing di pasar beras regional dengan mutu dan kualitas yang unggul.

 

(Novryanto)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments